nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Gangguan Tiroid, Penyakit yang Intai Perempuan Usia Subur

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 08 Maret 2020 12:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 08 481 2179987 mengenal-gangguan-tiroid-penyakit-yang-intai-perempuan-usia-subur-Vr3TsNI439.jpg Ilustrasi gangguan tiroid (Foto : Shutterstock)

Tiroid belakang ini menjadi penyakit yang diperbicangan selain virus korona COVID-19 di Indonesia. Hal ini karena artis Thalita Latief mengungkap dirinya divonis mengidap tumor tiroid.

Thalita Latief sendiri dipantau dari akun Instagramnya telah melakukan operasi pengangkatan tumor tiroid. Terlepas dari itu, apa sebenarnya gangguan tiroid?

Selain diabetes dan kanker payudara, gangguan tiroid merupakan salah satu penyakit yang kerap dialami wanita. Penyakit ini paling sering dialami perempuan karena mereka sering mengalami perubahan hormonal dan metabolisme.

Tiroid adalah kelenjar kecil di pangkal leher yang mengatur metabolisme tubuh. Jika metabolisme lambat, kelenjar tidak akan menghasilkan jumlah hormon yang cukup atau hipotiroidisme. Jika sebaliknya, ini akan menimbulkan hipertiroidisme.

Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid sendiri diakibatkan karena kekurangan yodium dengan ditandai gondok. Gangguan tiroid juga bisa disebabkan oleh paparan kimia lewat makanan dan minuman terkontaminasi, polusi, hingga kosmetik tertentu. Gangguan tiroid diindikasikan dengan kadar kolesterol tinggi, ketidaksuburan, ketidakseimbangan mental, dan masalah pencernaan.

Sementara itu, dilansir dari Radiopakistan, masalah yang paling umum dari gangguan tiroid, adalah kanker tiroid papiler. Kanker tiroid merupakan kanker yang menyerang kelenjar tiroid. Hal ini akan menyebabkan pertumbuhan sel-sel di kelenjar tiroid menjadi tidak terkendali.

Sementara, jenis penyakit kanker tiroid papiler memiliki angka 80 persen, dari keseluruhan kasus gangguan tiroid dan biasanya terjadi pada wanita usia subur.

Direktur Nuclear Institute of Medicines and Radiotherapy Hyderabad, Dr. Naeem Leghari mengungkapkan dalam sebuah makalah penelitian, di antara beberapa jenis kanker tiroid, yang paling umum adalah kanker tiroid papiler dengan akuntansi mencapai 80 persen dari seluruh kasus dan biasanya mempengaruhi perempuan usia subur.

Ia juga menyatakan bahwa meskipun penyebab pasti kanker tiroid masih belum jelas, ini bisa terjadi pada semua usia, dan para peneliti percaya bahwa genetik memainkan peran penting dalam memicu kanker tiroid pada setiap individu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini