Cegah Korona COVID-19 di Tempat Umum, Begini Etika saat Batuk dan Bersin

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 09 Maret 2020 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 481 2180261 cegah-korona-covid-19-di-tempat-umum-begini-etika-saat-batuk-dan-bersin-dnfMFIJKom.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

PENULARAN virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang paling mengkhawatirkan adalah di tempat umum. Karena COVID-19 dapat menular melalui droplet, seperti cairan ludah.

Karenanya, saat catuk atau bersin di tempat umum, Anda harus tahu etikanya yang benar. Hal ini harus diperhatikan untuk mencegah penularan COVID-19 tanpa disadari.

Dilansir Okezone dari situs resmi WHO, Senin (9/3/2020), setiap orang harus menerapkan etika batuk dan bersih. Cara ini dapat mengurangi penyebaran mikroorganisme (kuman) penyebab infeksi pernapasan, seperti batuk, pilek dan flu

Ada prosedur etika batuk dan bersin yang harus Anda terapkan saat di tempat umum. Ini dia ulasan singkatnya yang bisa Anda lakukan.

Jauhkan wajah dari orang lain ketika batuk/bersin

etika batuk

Saat ingin batuk atau bersin, jangan membiasakan untuk tidak menjauh dari orang lain. Setelah itu, usahakan mengambil tisu jika ingin batuk atau bersin.

Tutupi hidung dan mulut dengan tisu

Tisu dapat mencegah penyebaran droplet yang menempel area tubuh Anda. Jika sudah terpapar segera buang tisu itu ke tempat sampah.

Gunakan lengan jika tak ada tisu

Kalaupun tidak ada tisu, cara terbaik sata bersin atau batuk di tempat umum, tutupi mulut dengan menggunakan lengan tangan. Biasakan cara ini, daripada harus mengumbarnya dan merugikan orang lain.

Bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir atau produk berbahan alkohol

cuci tangan

Sesudah bersin atau batuk, segera cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Kalaupun tidak tersedia wastafel, Anda dapat menggunakan hand sanitizer. (mrt)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini