Terserang Cemas, Coba 4 Langkah Ini agar Rileks

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 09 Maret 2020 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 481 2180583 terserang-cemas-coba-4-langkah-ini-agar-rileks-IoSIXvp4H4.jpg Merasa cemas (Foto: Reader's Digest)

Rasa cemas kadang bisa muncul mendadak saat kita mendengar berita yang meresahkan. Namun ada juga orang yang terkena serangan kecemasan bertahun-tahun pasti membutuhkan pengobatan bahkan ke psikolog.

Mengatasi rasa cemas memang tidak mudah. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa lebih rileks. Seperti dilansir dari Health Line, berikut ini caranya.

jalan kaki

1. Jalan kaki ke luar ruangan

Terkadang, ketika kamu terserang cemas, itu karena terjadinya penumpukan adrenalin. Olahraga, bahkan jika itu hanya berjalan dapat membantu menggunakan adrenalin ekstra.

Berjalan di udara segar juga dapat meningkatkan kesehatanmu. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki di area hutan telah menurunkan produksi hormon stres daripada ketika mereka tetap di kota.

2. Minum lebih banyak air putih

Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi tidak minum cukup air dapat membuat gejala kecemasan makin memburuk. Ini dapat menyebabkan perasaan panik, yang dapat memicu serangan kecemasan. Luangkan waktu sejenak untuk bersantai dan minum segelas besar air dan lihat apakah kamu merasa lebih baik.

3. Mengisi waktu sendiri

Selalu bersama teman kerja apalagi banyak rapat penuh deadline memang menekan. Terkadang juga muncul rasa cemas jika takut target tak tercapai. Oleh karena itu mengisi waktu sendirian sangat penting dan itu membantumu mengisi tenaga dan lebih santai. Jika kamu merasa cemas, kamu bisa jalan-jalan ke toko sendirian untuk melihat-lihat atau beli sesuatu, pergi olahraga, bahkan bisa membersihkan kamar mandi.

4. Mematikan smartphone

Terhubung dengan orang-orang secara terus-menerus terkadang membuat stress. Oleh karena itu jangan takut untuk mematikan smartphone-mu sesekali jika sedang cemas agar pikiranmu tak terganggu. Gunakan itu sebagai kesempatan untuk melatih kesadaran atau tuliskan mengapa kamu merasa cemas agar bisa lebih rileks.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini