Menkes Terawan Gandeng Dokter Spesialis Tangani KLB DBD di Sikka NTT

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 09 Maret 2020 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 481 2180740 menkes-terawan-gandeng-dokter-spesialis-tangani-klb-dbd-di-sikka-ntt-gGvZozIA4A.jpeg Menkes Terawan (Foto : Kemkes.go.id)

Karena tingginya tingkat kematian demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Sikka, NTT, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan kerja. Menkes Terawan pun membawa tim medis untuk membantu menangani DBD di Kabupaten Sikka.

Menkes Terawan mengatakan, tim dokter dari Kementerian Kesehatan dan TNI disiagakan untuk melakukan pencegahan sekaligus penanganan DBD. Mengingat angka kematian DBD di sana sejauh ini merenggut 13 jiwa, bahkan sudah dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Saya mau lihat sendiri penanganannya, saya juga membawa tim dokter dari Kemenkes dan TNI kita libatkan bersama, serta dengan membawa obat-obatan untuk mengatasinya” ujar Terawan, dilansir Okezone dari Sehatnegeriku, Senin (9/3/2020).

Menkes Terawan

Menkes Terawan menggandeng Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Spesialis Kesehatan Lingkungan dari tim Kemenkes RI dan TNI. Mereka akan bertugas dan membawa perlengkapan logistik berupa obat-obatan dan cairan yang akan dibawa ke Kabupaten Sikka dan NTT.

Harapannya, ucap Menkes Terawan, agar tim tenaga kesehatan, sipil dan masyarakat sekitar saling membantu dan bahu membahu untuk proses kesembuhan pasien DBD ini. Semua tidak akan berjalan baik jika upaya promotif dan preventif tidak dilaksanakan. 

"Kita harus menerapkan gerakan bersama mencegah DBD ini melalui gerakan kebersihan lingkungan,” kata Menkes Terawan. 

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini