Remaja Bunuh Balita, Filmnya yang Harus Dibatasi atau Pentontonnya Perlu Diawasi?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 196 2181257 remaja-bunuh-balita-filmnya-yang-harus-dibatasi-atau-pentontonnya-perlu-diawasi-GaR4F9QlMz.jpg Kasus remaja bunuh balita (Foto : Official iNews/Youtube)

Kasus pembunuhan yang dilakukan seorang remaja berusia 15 tahun berinisial NF terhadap seorang balita berumur 5 tahun berinisial APA tengah menjadi sorotan masyarakat. Kabarnya insiden pembunuhan tersebut terjadi karena sang remaja terinspirasi dari film horor yang ditontonnya.

Alhasil banyak pertanyaan yang muncul di masyarakat berkaitan dengan kasus pembunuhan tersebut. Apakah harus ada pembatasan tentang film yang ditonton seorang anak, atau penontonnya yang perlu dibatasi, terutama saat menyaksikan film di bioskop?

Menjawab hal tersebut Psikolog Pendidikan, Felisitas Kaban mengatakan pengawasan terhadap anak tentang semua tontonan yang dilihatnya adalah pilihan yang paling benar untuk dilakukan. Namun seringkali pengawasan tersebut terkendala dengan kebijakan studio film yang berlaku ketika seorang anak menyaksikan film di bioskop.

“Penontonnya yang bisa diawasi tetapi kalau penonton kan tergangtung dengan kebijakan studio film. Kita batasi 15 tahun tapi ada yang kucing-kucingan masuk. Yang penting bayar seat bisa masuk, ini juga yang bikin susah,” terang Felisitas, dalam wawancara dengan iNews TV baru-baru ini.

Remaja Bunuh Balita

Meski demikian, pengaruh orangtua dan orang-orang yang ada di sekitar sangatlah penting sebagai pengingat si anak. Kerjasama dan ketegasan dari pihak studio film menjadi hal yang penting untuk melakukan kontrol pada anak.

“Sudah batas 17 tahun ada yang bawa balita. Jadi susah kalau disalahin gak boleh masuk tapi kan kita bayar. Jadi ini adalah kerjasama, jadi penontonnya ayo tegas untuk studio film, jadi kalau diluar batas anaknya ya tidak boleh masuk. Tapi balik lagi yang megang peranan penting kan orangtua dan sekitar,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini