Mengintip Sepak Terjang 5 Menteri Perempuan di Kabinet Indonesia Maju

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 196 2181300 mengintip-sepak-terjang-5-menteri-perempuan-di-kabinet-indonesia-maju-SkkLnJCi1v.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto : Arif Julianto/Okezone)

Setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Ini menjadi salah satu momen yang tepat untuk membahas peran serta prestasi yang berhasil ditorehkan perempuan Indonesia di dunia politik. Seperti sosok 5 menteri perempuan yang terpilih dalam Kabinet Indonesia Maju besutan Presiden Joko Widodo.

Mereka adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Gusti Ayu Bintang Puspayoga.

Ya, meski jumlah partisipasi perempuan pada periode ini menurun, namun kelima menteri tersebut memiliki kemampuan dan keahlian yang tidak perlu diragukan lagi. Sederet prestasi membanggakan telah mereka telah torehkan baik di dalam maupun luar negeri. Berikut Okezone rangkumkan beberapa di antaranya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Perempuan kelahiran Semarang, 27 November 1962 ini mulai meniti kariernya sebagai seorang diplomat setelah bergabung dengan Departemen Luar Negeri (sekarang Kementerian Luar Negeri) pada 1986. Retno resmi bergabung dengan institusi pemerintahan ini setelah menyelesaikan studi dari Jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Gadjah Mada.

Sepanjang karirnya sebagai diplomat, Retno Marsudi telah bertugas di berbagai posisi. Pada 2002, dia sempat ditugaskan menjadi Direktur Kerjasama Intra dan Antar Regional Amerika dan Eropa. Kemudian dia dipromosikan menjadi Direktur Eropa Barat pada 2003, sebelum akhirnya diangkat menjadi Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia pada 2005.

Menlu Retno Marsudi

Berkat integritas dan keahliannya dalam berdiplomasi, pada 27 Oktober 2014, Presiden Jokowi menunjuk Retno sebagai Menteri Luar Negeri RI menggantikan Marty Natalegawa. Kala itu, dia berhasil mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia.

Salah satu prestasi paling membanggakan yang pernah ditorehkan Retno selama menjadi Menlu RI adalah menjadikan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020. Indonesia juga ditetapkan sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB periode 2020-2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sri Mulyani sebelumnya juga termasuk menteri Jokowi di Kabinet Kerja I. Reformasi Kementerian Keuangan dinahkodainya dengan baik sehingga banyak terjadi perubahan fundamental di Kementerian Keuangan mulai dari organisasi, SOP, SDM dan lain-lainnya

Menkeu Sri Mulyani

Tak hanya itu, selama menjabat sebagai menteri keuangan, Sri Mulyani telah menorehkan sederet prestasi yang sangat membanggakan. Pada 2018 lalu, ia mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia di World Government Summit, Dubai, Uni Arab Emirates. Sri Mulyani juga pernah masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya

Siti Nurbaya Bakar pertama kali terjun ke dunia politik setelah pensiun dari PNS (Sekjen DPD-RI) pada 2013 lalu. Dia kemudian dipercaya menjadi Ketua Dewan Pimpian Pusat (DPP) Partai NasDem. Di dunia politiklah nama Siti Nurbaya mulai diperhitungkan, meskipun saat menjajaki dunia birokrasi dia juga telah dikenal sebagai sosok yang cukup berpengaruh.

Menteri LHK

Wanita kelahiran Jakarta 28 Agustus 1956 ini masuk dalam radar menteri kabinet Jokowi di Kabinet Kerja I sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan kembali terpilih dalam Kabinet Indonesia Maju.

Sederet prestasi pernah diraih oleh Siti Nurbaya yakni, mendapat penghargaan bintang jasa utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Agustus 2011. Lalu ada penghargaan Bintang Jasa Satya Lencana Wirakarya tahun 2004 dari Presiden Megwati Soekarnoputri.

Di tahun 2008-2010, Siti masuk dalam daftar 99 Most Powerful Women versi majalah Globe Asia. Dia juga sempat dinobatkan sebagai salah satu Perempuan 100 Terinspiratif majalah Kartini.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah

Sepak terjang Menteri Ida Fauziyah tidak bisa dipandang sebelah mata. Polisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini sebelumnya sempat duduk di DPR selama kurang lebih 20 tahun. Mulai dari tahun 1999 hingga 2019. Dari pengalaman itulah, Ida sempat didapuk sebagai Ketua Fraksi PKB di DPR.

Menaker Ida Fauziyah

Menariknya, sebelum terjun ke dunia politik, tidak banyak yang tahu bahwa Ida Fauziyah sempat menjadi guru di SMU Khadijah Surabaya 1997, dan Guru MAPK Jombang 1994-1999.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Gusti Ayu Bintang Puspayoga

Perempuan kelahiran Denpasar, 24 November 1968 ini ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Ayu Bintang diketahui merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan istri dari mantan Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Sebelum terpilih menjadi menteri pada Kabinet Indonesia Maju, Ayu Bintang bekerja sebagai ASN di Sekretariat Daerah Kota Denpasar. Dia menjabat sebagai asisten II yang membidangi ekonomi dan pembangunan.

Menteri Bintang

(Foto : Kemen PPPA)

Ayu Bintang juga diketahui menjabat sebagai penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), serta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE).

Fakta menariknya, Ayu Bintang ternyata juga dikenal sebagai sosok yang sangat mencintai olahraga, terutama tenis meja. Dia bahkan pernah menjuarai Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi Oktober 2010 di GOR Sumantri Brojonegoro, Jakarta dan diangkat menjadi Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Provinsi Bali periode 2010-2014. Ia juga merintis kejuaraan tenis meja antar PKK banjar se-kota Denpasar pada 2002.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini