nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ikan Singgang Diklaim Cegah Penularan Virus Korona COVID-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 11:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 10 298 2180923 ikan-singgang-diklaim-cegah-penularan-virus-korona-covid-19-q4islaqvui.jpg Dr Azizah klaim ikan singgang bisa cegah virus korona. (Foto: Twitter/UMT)

SEORANG dosen Malaysia dari Universiti Malaysia Terengganu, tepatnya dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Pangan tengah ramai jadi pemberitaan. Dr Azizah Mahmood menyebut bahwa ikan singgang berpotensi menghentikan penularan virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Dr Azizah diketahui berbicara di publik baru-baru ini. Dia menyebut bahwa ikan singgang ini memiliki sifat bisa melawan mikroba.

ikan singgang

Ikan Singgang adalah hidangan olahan ikan yang memiliki cita rasa manis dan asam, terbuat dari ikan yang dibumbui bersama rempah-rempah dan bumbu dapur sederhana, seperti jahe, kunyit, bawang merah dan garam.

Ketika dihubungi media setempat, Harian Metro, Dr Azizah mengatakan, pihak universitas sendiri belum melakukan penelitian apapun menyangkut tentang ikan singgang. Juga bagaimana potensinya untuk bisa digunakan terhadap COVID-19.

“UMT belum melakukan penelitian apa pun terkait Ikan Singgang dan potensinya untuk mencegah virus korona/COVID-19,” tutur Dokter Azizah, seperti dikutip Okezone dari Worldofbuzz, Selasa (10/3/2020).

Dia menambahkan, berdasarkan penilaian bahan dalam hidangan tradisional, mungkin hidangan ini memiliki potensi untuk mencegahnya. Lengkuas, kunyit, jahe dan bawang putih yang digunakan, dapat menghancurkan mikroba dan telah disetujui oleh penelitian sebelumnya.

Mencegah masyarakat umum menjadi salah paham akan pernyataan dirinya terkait ikan Singgang, Dokter Azizah menjelaskan lebih lanjut, bahwa teori ini belum diuji secara klinis. Kementerian Kesehatan Malaysia sendiri diketahui lebih lanjut telah menetapkan prosedur untuk mencegah penyebaran virus, serta penelitian seperti ini tidak dapat dilakukan dengan sendirinya.

Meskipun belum teruji secara klinis dapat digunakan untuk mencegah virus korona/COVID-19, namun tak ada salahnya juga mencicipi hidangan ikan singgang sebagai alternatif untuk menikmati olahan ikan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini