Segarnya Racikan Cendol Dawet Daun Kelor, Penangkal Korona COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 298 2181123 segarnya-racikan-cendol-dawet-daun-kelor-penangkal-korona-covid-19-GvDze4yelE.jpg Ilustrasi. (Independent)

SEORANG pelajar asal Banjarnegara, Jawa Tengah, Kuni Nafiatul Mubarokah, dilaporkan berhasil menemukan penangkal virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Dia membuat olahan cendol dawet berbahan dasar daun kelor.

Mengutip video berdurasi singkat di kanal YouTube iNews, Selasa (10/3/2020), Kuni menjelaskan bahwa proses pembuatan cendol dawet ini terbilang sangat mudah dan praktis. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat serbuk hijau dari daun kelor itu sendiri.

cendol

Setelah itu, serbuk tersebut dapat diseduh lalu ditambahkan susu murni dan agar-agar, untuk menambah cita rasanya. Kuni menambahkan, kombinasi tanaman herbal dan bahan makanan tersebut, diklaim ampuh dalam meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan maupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memang telah berulang kali mengimbau masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh, demi mencegah penularan virus korona/COVID-19. Tak heran bila kehadiran cendol dawet daun kelor ini berhasil menarik perhatian masyarakat setempat.

Penelitian tentang daun kelor ini sendiri, kata Kuni, telah dilakukan oleh sejumlah ahli. Terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan, karena mengandung segudang nutrisi esensial.

Dia dan teman-temannya hanya berusaha mengembangkan penelitian tersebut. Kebetulan bertepatan dengan isu wabah virus korona/COVID-19.

"Sudah banyak penelitian, kita di sini hanya mengembangkan saja manfaat dari daun kelor tersebut. Karena di daerah sini banyak sekali daun kelor sehingga kita manfaat kan untuk membuat cendol dawet," ucapnya.

covid

Pemilihan daun kelor sebagai bahan utama juga tidak terlepas dari tren kuliner, yang tengah digandrungi generasi milenial. Booming-nya boba tea misalnya, menjadi salah satu alasan Kuni mulai tertarik meneliti daun kelor.

"Berkat tampilannya, anak-anak milenial zaman sekarang itu jadi lebih tertarik dan juga tubuhnya lebih sehat. Apalagi dengan adanya virus korona/COVID-19, kita perlu menambah daya imun tubuh kita," tambahnya.

Lantas, nutrisi apa saja yang terkandung pada daun kelor? Menurut penjelasan Kuni, daun kelor mengandung sejumlah zat baik dan vitamin. Mulai dari magnesium, kalium, vitamin A, vitamin B6 dan vitamin B12.

Tak hanya itu, daun kelor juga diklaim kaya akan anti-oksidan yang ampuh melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri-bakteri penyakit.

"Paling tinggi adalah kandungan antioksidannya yang ampuh menambah daya tahan tubuh kita," ungkap Kuni.

Selain cendol dawet daun kelor, Kuni dan teman-temannya juga membuat olahan empon-empon. Rempah itu terdiri dari beragam tanaman herbal seperti jahe, kunyit, temulawak, hingga kapulaga. Seluruh produk dijual untuk umum dengan harga yang sangat terjangkau.

"Produk-produk ini kami buat untuk salah satu mata pelajaran kewirausahaan. Kami menjualnya ke masyarakat, ke tetangga, dan teman-teman," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini