Menguji Kebenaran Minum Air Hangat Bisa Cegah Korona COVID-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 481 2180857 menguji-kebenaran-minum-air-hangat-bisa-cegah-korona-covid-19-6gqXPvOGEJ.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto mengingatkan masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh untuk mencegah penularan virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Kemudian beredarlah beragam tips atau informasi untuk meningkatkan imunitas di media sosial, yang belum tentu pernah diuji oleh para ahli.

Salah satunya informasi tentang meminum air hangat dengan suhu di atas 56 derajat. Tujuannya, ya, agar virus korona/COVID-19 bisa cepat mati saat masuk ke dalam tubuh.

Lalu, benarkah meminum air hangat itu lebih ampuh dan membuat tubuh jadi lebih kuat, ketimbang mengonsumsi air putih biasa?

minum air

Dituturkan Dr Ivan Hoesada, M Biomed, sebetulnya bukan soal suhu airnya yang dipusingkan. Namun intesintas kita minum air dalam sehari, yang lebih harus diperhatikan.

“Bukan air hangat suhu berapa, jadi kita cukup banyak minum air putih saja sudah bagus karena mengurangi risiko radang,” ungkap Dokter Ivan, saat ditemui Okezone, belum lama ini di kawasan Menteng.

Ditambahkan Dokter Ivan, pada dasarnya sebagai salah satu cara untuk menangkal virus berkembang di dalam tubuh ialah dengan menjaga kelembapan tenggorokan. Sebab, jika kelembapan tenggorokan terjaga dengan baik, maka virus akan segan.

“Banyak minum air tenggorokan kan enggak kering, kalau kondisinya lembap jadi enggak mudah infeksi. Minum yang banyak bikin virus segan, dalam kelembapan virus enggak akan mampu bertahan," tambahnya.

Virus apapun yang masuk ke dalam tubuh, menurutnya, dalam waktu dua jam akan mati. Tapi kalau kondisinya kering, virus lebih mudah menyebabkan infeksi di tenggorokan dan masuk ke paru-paru.

Tentang intensitas konsumsi air putih sehari-hari, agar kondisi tenggorokan kelembapannya terjaga dengan baik, perlu diperhatikan bukan berarti ini artinya kita harus minum air secara berlebihan.

“Minum secukupnya enggak usah terlalu berlebihan. Minum banyak bukan minum air mineral segalon. Menjaga hidrasi tubuh, secukupnya. Misal normalnya kan dua liter, atau 8 gelas, nah ini tambah jadi 10 gelas sehari,” pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini