Share

2 dari 19 Pasien Positif Korona COVID-19 Sudah Dinyatakan Negatif

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 481 2181013 2-dari-19-pasien-positif-korona-covid-19-sudah-dinyatakan-negatif-kBrBnmkRM2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEMENTERIAN Kesehatan menyebut dua korban virus Korona COVID-19 yang dirawat di RSPI Suliati Saroso telah dinyatakan negatif. Meski demikian, kedua pasien tersebut masih belum boleh keluar dari karantina.

Juru Bicara Penanganan Korona COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan hasil tes pasien 06 dan pasien 014 telah dinyatakan negatif. Oleh karena itu, untuk menjamin pasien benar-benar terbebas dari virus, harus menunggu hasil tes kedua.

"Kita masih tunggu pemeriksaan negatif yang kedua, mungkin dalam dua hari ke depan. Kita tunggu dua hari kemudian, kalau sudah negatif kita keluarkan dari rumah sakit," jelas dia saat live di MNC News.

kalau sudah negatif kita keluarkan dari rumah sakit,

Dia melanjutkan, pasien 06 ini adalah ABK Diamond Princess, sementara Pasien 14 merupakan pengembangan dari tracing yang dilakukan Kemenkes. "Karena kontaknya minimal dan kondisi fisiknya sangat baik," tuturnya.

"Pasien 014 tidak berobat karena mengira flu biasa, dan dia bilang dalam beberapa hari ini kurang istirahat karena banyak aktivitas. Tapi dia sudah beli obat batuk," tambah dia.

Meski demikian, Yuri meminta jika sudah keluar dari rumah sakit keduanya masih melakukan save isolated paling tidak dua minggu. Artinya, mereka harus menahan diri untuk tidak kontak dengan siapapun untuk sementara.

"Atau menjaga jara aman dua meter, dia juga harus lakukan save monitoring, apakah ada keluhan panas, batuk atau sesak. Dia harus lapor pada petugas kesehatan, dan nanti akan diawasi," katanya.

Sekadar informasi, dari 19 orang tersebut sebanyak dua orang adalah warga negara asing (WNA). Pasien 10, jenis kelamin laki-laki, usia 29 tahun, WNA, kondisi sakit ringan sedang dan pasien kasus 11, usianya 54 tahun, kondisinya sakit ringan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini