Kepiting Ini Punya Darah Termahal di Dunia, Rp213 Juta per Liter

Selasa 10 Maret 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 481 2181024 kepiting-ini-punya-darah-termahal-di-dunia-rp213-juta-per-liter-Tn9bYZKWYT.jpg Darah kepiting diambil (Foto: Genetic Literacy Project)

Rupanya ada kepiting yang darahnya berwarna biru. Kepiting ini disebut kepiting tapal kuda, bentuknya perpaduan antara laba-laba dan kutu raksasa.

Kepiting tapal kuda merupakan salah satu makhluk hidup tertua di muka bumi, lebih tua daripada dinosaurus dan telah ada sejak 450 juta tahun lalu.

 kepiting tapal kuda

Biasanya kepiting tapal kuda terlihat di musim semi dan mencapai puncaknya pada bulan Mei dan Juni saat air pasang pada bulan purnama di wilayah Atlantik. Kepiting tapal kuda ini berada di Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Pasifik.

Para ilmuwan mengambil darah biru kepiting tapal kuda ini sejak 1970-an, untuk menguji coba apakah alat medis dan obat intravena (obat yang masuk ke pembuluh darah) aman untuk dipakai.

Darah ini digunakan untuk mengetes kontaminasi pada pembuatan segala sesuatu yang dimaksudkan untuk dimasukkan ke tubuh manusia - mulai dari vaksinasi, tetesan ke pembuluh darah hingga alat medis untuk dicangkokkan.

Setiap tahun, sekitar setengah juta ekor kepiting tapal kuda Atlantik ditangkap untuk keperluan biomedis, Ini menurut Atlantic States Marine Fisheries Commission.

Perlu diketahui, darah kepiting tapal kuda ini merupakan salah satu cairan paling mahal di dunia. Satu liter harganya bisa mencapai US$15.000 atau sekira Rp213 juta.

Apa yang terjadi pada kepiting sesudah diambil darahnya?

Dari torehan di dekat hati, sekitar 30% darah mereka diambil, lalu kepiting-kepiting ini dilepaskan lagi.

Namun ada penelitian yang memperlihatkan antara 10% hingga 30% dari mereka mati akibat tindakan ini. Pada jenis kelamin betina, ditemukan bahwa mereka lebih sulit untuk menghasilkan anak.

Seperti dilansir BBC, situasi ini mengkhawatirkan bagi para pelestari lingkungan. Meskipun darah kepiting ini sangat penting bagi kebutuhan biomedis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini