nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Herbal Makin Diburu di Tengah Isu COVID-19, Jubir Achmad Yuri : Itu Kearifan Nenek Moyang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 15:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 10 481 2181116 herbal-makin-diburu-di-tengah-isu-covid-19-jubir-achmad-yuri-itu-kearifan-nenek-moyang-HMTPgGM7UP.jpg Jubir Penanganan Korona Achmad Yurianto (Foto : Setkab)

Sejak merebaknya wabah virus korona (COVID-19), masyarakat Indonesia mulai mencari cara alternatif untuk mencegah penularan virus tersebut. Salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan tradisional, seperti tanaman herbal.

Tanaman herbal diklaim ampuh dalam meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh, yang menjadi modal utama dalam menangkal virus korona COVID-19. Tak heran sejak beberapa waktu lalu, masyarakat Indonesia mulai memburu beberapa jenis obat-obatan tradisional, termasuk empon-empon atau tanaman rindang.

Seperti diketahui, empon-empon sendirk merupakan campuran berbagai jenis tanaman herbal yang terdiri dari jahe, kunyit, temulawak, daun serai, kapulaga, dan masih banyak lagi. Produk tanaman herbal ini diklaim dapat menangkal virus korona karena kaya akan curcumin dan anti-oksidan.

Belum lama ini, seorang siswi asal Banjarnegar, Jawa Tengah, juga sempat menjadi perbincangan publik setelah dilaporkan berhasil menemukan obat penangkal virus corona.

Siswi bernama Kuni Nafiatul Mubarokah itu menciptakan olahan cendol dawet berbahan dasar daun kelor. Menurutnya, daun kelor terbukti ampuh meningkatkan daya tubuh manusia karena mengandung sejumlah nutrisi esensial.

Jubir Korona

(Foto : Setkab)

"Sudah banyak penelitian, kita di sini hanya mengembangkan saja manfaat dari daun kelor tersebut. Daun kelor sendiri mengandung zat anti-oksidan, magnesium, kalsium, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B12. Semuanya ampuh meningkatkan daya tahan tubuh," tuturnya mengutip tayangan video iNews.

Lantas, bagaimana tanggapan Kementerian Kesehatan RI melihat boomingnya produk-produk tradisional berbasis tanaman herbal di tengah isu virus corona ini?

Juru Bicara Nasional Kasus COVID-19 dr Achmad Yurianto, tidak menampik khasiat tanaman herbal yang telah ada sejak zaman nenek moyang, dan memang terbukti ampuh meningkatkan imunitas.

"Herbal kita pahami, dari dulu sudah diakui nenek moyang kita. Sudah turun menurun kita mengikuti. Dan ini sangat-sangat bagus untuk meningkatkan imunitas," tegas Yuri saat Press Conference di Kantor Staf Presiden, Selasa (10/3/2020).

Sadar atau tidak, kata Yuri, setiap hari masyarakat Indonesia sebenarnya telah mengonsumsi beragam jenis tanaman herbal yang telah diolah sedemikian rupa menjadi hidangan lezat.

"Kita sebenarnya setiap hari makan makanan tradisional itu, dan full herbal. Ambil contoh sayur lodeh, tanaman herbal apa yang tidak dimasukkan ke sayuran itu. Belum lagi sayur asem. Apalagi nasi padang, sekalian dengan santan-santannya," ujar Yuri disambut gelak tawa awak media.

"Intinya ini kearifan nenek moyang kita. Dan memang sangat bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh," tandasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini