Santap Pepper Rice Jepang, Jangan Lakukan Ini agar Tak Rusak Rasa

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 298 2181902 santap-pepper-rice-jepang-jangan-lakukan-ini-agar-tak-rusak-rasa-55KjwYb4vu.jpeg Pepper Rice ala Jepang (Foto : Pradita/Okezone)

Makanan Jepang, tidak dipungkiri memang jadi salah satu makanan asing yang paling primadona di Indonesia, apalagi di kalangan masyarakat kota besar seperti Jakarta.

Restoran atau tempat makan makanan asli Jepang, seperti sushi, ramen, shabu-shabu, grill, hingga yakitori begitu banyak tersedia di Jakarta.

Tak hanya itu, kini masyarakat juga sudah cukup familiar dengan hidangan khas Jepang lainnya yakni pepper rice ala Jepang yang disajikan di wadah hot plate. Pinggan batu panas, yang bisa dijadikan sebagai wadah makan dan juga wadah memasak.

Berkonsep seperti nasi campur, dengan padanan nasi, sayuran-sayuran seperti jagung manis dan tauge lalu ditambah protein dari daging, bisa daging sapi, seafood atau ikan.

Belum terlalu populer dibandingkan makanan Jepang lainnya, tidak dipungkiri sebagian besar orang kemungkinan masih kurang tepat dalam mengonsumsi pepper rice hot plate ala Jepang ini.

Pepper Rice

Dijelaskan oleh Michelle Sullistyo, founder Mazeru Indonesia, cara keliru menyantap pepper rice hot place ala Jepang ini biasanya beragam. Mulai dari cara memasak, penggunaan bumbu, sampai pemakaian condiment tambahan seperti sambal.

“Jangan terlalu kasih banyak saus di awal. Sedikit dulu, baru dimasak di hot plate, jika terasa kurang baru tambah. Jangan langsung banyak di awal, adjust pas sudah matang. Jadi tak merusak rasa,” tutur Michelle, saat ditemui Rabu (11/3/2020) dalam gelaran “Opening Mazeru Indonesia” di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan.

Pepper Rice

Bukan hanya pemakaian saus bercita rasa manis, honey sauce dan saus bercita rasa gurih, garlic sauce yang harus diperhatikan saat memasak pepper rice Jepang ini. Tapi juga waktu pemakaian sambal, sebab salah waktu maka rasa sambal akan menyamarkan cita rasa original pepper rice itu sendiri.

“Sambalnya itu setelah semua yang ada di hot plate matang. Taruh di pinggir, jangan langsung diaduk bareng sama nasi, sayur, daging soalnya bikin rasanya jadi overwhelming terlalu bercampur-campur,” singkat Michelle.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini