Jadi Sarang Penyakit, Ini Tips Bersihkan Gadget untuk Cegah Virus Korona COVID-19

Restu Prihargayu, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 481 2181441 jadi-sarang-penyakit-ini-tips-bersihkan-gadget-untuk-cegah-virus-korona-covid-19-At2NAPjQPh.jpg Ilustrasi. (Boldsky)

ADA beberapa benda yang diyakini mudah menularkan virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Misalnya saja gadget kesayangan Anda.

Saat virus korona/COVID-19 ini terus menyebar di berbagai belahan dunia, siapapun diimbau agar berhati-hati. Juga selalu menjaga kebersihan diri sendiri adalah yang paling penting.

Untuk mencegah virus korona/COVID-19, Anda tak sekadar berfokus pada pemakaian masker, menggunakan pembersih tangan dan mempraktikan gaya hidup sehat sehari-hari. Anda juga perlu membersihkan gadget pribadi anda seperti ponsel, tablet, dan laptop.

gadget

Tahukah Anda, gadget merupakan sarang untuk bakteri dan virus. Tentunya dapat meningkatkan risiko infeksi penyakit.

Menurut The Journal of Hospital Infection, virus yang menyerang manusia seperti SARS, MERS, HCOV, semua dapat hidup di permukaan seperti kaca, plastik, serta logam, hingga 9hari lamanya. Walau Anda rajin cuci tangan, namun tak menjaga kebersihan gadget, pasti risikonya tetap sama.

Dilansir Okezone dari Boldsky, inilah panduan tentang cara membersihkan dan mendisinfeksi gadget Anda dengan cara yang benar. Yuk simak!

Bersihkan dengan air dan sabun

Jika smartphone dan laptop Anda tahan dengan air, gunakan sabun dan air atau pembersih tangan untuk membersihkan ponsel. Serta gunakan tisu dan banyak pembersih tangan untuk membersihkan laptop Anda.

Pakai lap basah

gadget

Jika smartphone dan laptop Anda tidak tahan air, usap layar ponsel dan laptop anda dengan kain serat mikro yang lembut. Beri sedikit air untuk membersihkan layar laptop dan tablet Anda. Jika gadget Anda memiliki casing atau penutup, bersihkan juga dengan kain lembap.

Selain rajin membersihkan, hindari juga melakukan hal-hal berikut:

1. Jangan mengusap layar smartphone dengan memakai tisu dengan alkohol. Karenanya, dapat merusak layar gadget Anda.

2. Hindari menyentuh ponsel atau laptop orang lain. Juga hindari memberikan gadget Anda kepada orang lain karena kuman dapat berpindah.

3. Jangan menggunakan bahan pembersih rumah tangga, pelarut dan semprotan aerosol untuk membersihkan ponsel Anda. Karena dapat menyebabkan perubahan warna dan merusak ponsel Anda secara bersamaan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini