Share

Jubir Korona: Tidak Ada yang Meninggal karena Virus COVID-19 Sendiri

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 481 2181585 jubir-korona-tidak-ada-yang-meninggal-karena-virus-covid-19-sendiri-m9vGmx2gWZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KORBAN virus korona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 118.596 kasus. Adapun korban meninggal akibat penyakit ini, mencapai 4.262 orang.

Di Indonesia sendiri, ada 28 orang yang positif terkena virus Korona COVID-19, dan hari ini satu orang dipastikan meninggal dunia. Pasien tersebut, merupakan Warga Negara Asing (WNA), perempuan yang berusia 53 tahun.

Meskipun sudah ribuan orang telah meninggal, tapi Juru Bicara Penanganan Korona COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan virus Korona COVID-19 tidak membunuh secara langsung.

Tapi, penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan bukan karena virus.

"Tidak pernah kita dapatkan meninggal karena virus korona sendiri, selalu karena komplikasi," jelas Yuri di Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta.

Menurutnya, beberapa kasus yang terjadi dari beberapa negara memang meninggal akibat sepsis. Adapun sepsis adalah infeksi yang ada di pembuluh. Tapi, penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan bukan karena virus.

"Bakteri yang semula tidak menimbulkkan penyakit menjadi oportunis, dan tidak bisa dikendalikan penyebarannya, jadi bukan karena korona virus. Korona itu memperburuk kondisinya," tutur dia.

Sekadar informasi, pasien yang meninggal tersebut yakni pasien nomor 25, yang meninggal pukul 02 dini hari. Pasien ini, masuk RS sudah dalam keadaan sakit berat.

Menurut Yuri, sudah ada ada faktor diabetes, hipertensi, hipertiroid dan Penyakit Paru Obstruktif Menahun yang mengintai orang tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini