Pasien Korona COVID-19 Meninggal, Sakit Gondok Ternyata Berbahaya!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 481 2181641 pasien-korona-covid-19-meninggal-sakit-gondok-ternyata-berbahaya-1x1XZFROKQ.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

PASIEN kode 25 positif virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dinyatakan meninggal dunia. Juru Bicara Nasional Kasus COVID-19 dr Achmad Yurianto menegaskan, bukan COVID-19 semata yang menyebabkan pasien tersebut meninggal dunia, namun ada beberapa penyakit penyerta sebelumnya.

Yuri mengatakan, tak hanya diabetes dan hipertensi, Warga Negara Asing (WNA) 53 tahun yang meninggal dunia itu juga memiliki hipertiroid. Penyakit apa ya itu?

covid

Dijelaskan Pakar Penyakit Dalam dr Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, kelenjar tiroid memiliki peran besar bagi keberlangsungan metabolisme. Kelenjar tiroid ini akan menghasilkan hormon tiroid yang akan mengatur kerja organ tubuh dan mendorong metabolisme tubuh.

"Sistem tiroid merupakan sistem yang luar biasa, karena ia mendapat pengaruh dan memberikan pengaruh. Hormon artinya pengatur, karena itu semua hormon sifatnya pengatur dan diatur," Dokter Roy.

Bila terjadi gangguan tiroid, maka sistem metabolisme tubuh akan terganggu. Hal ini akan memengaruhi gaya hidup manusia itu sendiri.

Saat pasien menderita hipertiroid, sambung Dokter Roy, tubuh memproduksi hormon tiroid yang berlebihan. Sehingga ada dampak yang muncul pada tubuh.

"Hormon gondoknya berlebihan, karena kadar hormon TSH lebih sedikit. Tidak semuanya menimbulkan gejala mata melotot, hanya 20 persen saja," ujarnya

Umumnya, pasien hipertiroid menimbulkan gejala berat badan turun karena metabolisme tubuh terus bekerja. Kalau dilihat, kelenjar tiroid bisa membesar dan tidak membesar. Adapun timbul peradangan antibodi reseptor TSH (TRAB).

ilustrasi

Bila melihat adanya gejala tersebut, pemeriksaan hipertiroid ini adalah dengan melakukan pemeriksaan FT4. Namun, untuk masa penyembuhannya, pasien hipertiroid membutuhkan waktu 6-9 bulan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini