nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Sepatu Ceker Ayam Kekinian dari Bandung yang Mendunia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 11:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 12 194 2182096 intip-sepatu-ceker-ayam-kekinian-dari-bandung-yang-mendunia-WxCH4pMQY3.jpg Sepatu ceker ayam kekinian. (Foto: Instagram/@nurman_farieka)

JIKA sebelumnya sudah ada tas kulit ikan, kini muncul inovasi baru dalam dunia mode Tanah Air, berupa sepatu dari ceker ayam. Sepatu dari ceker ayam itu dibuat oleh pengrajin asal Bandung, Jawa Barat loh.

Nurman Farieka Ramdhany, sosok di balik terciptanya sepatu dari ceker ayam tersebut. Pria berusia 25 tahun itu berhasil mengubah limbah rumah makan cepat saji, menjadi sepatu kekinian yang tak kalah indah dari sepatu kulit ular.

ceker

Ide ini muncul setelah dirinya melihat banyak sekali limbah ceker ayam, dari rumah makan cepat saji di daerahnya. Melihat fakta tersebut, dia pun memutar otak dan coba mengolah kulit ceker ayam, menjadi bahan utama sepatu produksinya.

"Limbah ceker ayam dari restoran cepat saji banyak sekali. Karena itu, saya coba mengubahnya untuk mendapatkan nilai lebih," terangnya menurut laporan New York Post.

Ramdhany tak sendiri, melainkan dia melibatkan sang ayah dalam proses produksi sepatu dari ceker ayam ini. Ayah Ramdhany melakukan penelitian seriuspada 2017.

Hasilnya, kulit ceker ayam memiliki tekstur yang tak jauh berbeda dengan kulit ular dan buaya. Bermodalkan hasil penelitian itu, ayah Ramdhany pun merekomendasikan anaknya untuk memanfaatkan kulit ceker ayam sebagai bahan utama produksi sepatu buatannya.

sepatu ceker

Sekarang, Ramdhany dan tim beranggotakan lima orang, termasuk ayahnya, memproduksi sepatu yang seluruhnya atau sebagian dibuat dari ceker ayam. Untuk sepasang sepatu, mereka membutuhkan waktu kerja 10 hari.

Waktu yang cukup panjang ini dikarenakan pengolahan ceker ayam dilakukan secara manual, mulai dari menguliti ceker ayam, mewarnai kulit, hingga menjahitnya di badan sepatu.

Untuk sepasang sepatu, Ramdhany membutuhkan 45 ceker ayam. Harga jualnya dibandrol mulai dari Rp500 ribu. Harga yang sepadan untuk pengerjaan handmade dan dengan teknik pembuatan yang rumit tentunya.

Ramdhany menambahkan, sejauh ini pelanggan sepatu ceker ayamnya sudah tersebar di banyak kota besar di Indonesia. "Mereka bilang sepatu ceker ayam ini nyaman dipakai. Sejauh ini respons pasar positif," ungkapnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini