nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Jenis Jamur Beracun yang Bisa Sebabkan Koma hingga Kematian

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 18:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 12 298 2182395 4-jenis-jamur-beracun-yang-bisa-sebabkan-koma-hingga-kematian-HgXhTQl6fq.jpg Jamur Fly agaric (Foto : Popsci)

Jamur memang bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang lezat dan mudah proses membuatnya. Jamur juga biasanya menjadi pilihan lauk bagi orang-orang vegetarian yang mungkin sedang bosan mengonsumsi tahu ataupun tempe.

Eits! Tapi hati-hati ya dalam mengonsumsi jamur, sebab tak semua jamur bisa dikonsumsi loh! Sebab ada sederet jamur beracun yang harus dihindari. Jika nekat dimakan, bisa berakibat fatal.

Melansir Popsci, Kamis (12/3/2020) berikut ulasan jenis jamur beracun yang harus dihindari 

1. Death cap

Jamur Death Cap

Termasuk dalam daftar jamur paling berbahaya, sebab mengandung lebih dari setengah komponen yang beracun. Salah satunya amanitin, koktail jahat yang ditemukan dalam asam amino.

Nekat makan jamur beracun satu ini, maka akan timbul gejala dalam kurun waktu 6 hingga 24 jam setelah makan. Mulai dari mual, muntah, diare, dan sakit perut. Biasanya, setelah agak reda rasa sakit datang kembali, bersama dengan penyakit kuning, kejang-kejang, lalu koma hingga akhirnya bisa menyebabkan kematian.

2. Fly agaric

Jamur Fly Agaric

Pernah lihat bentuk jamur di buku dongeng, bentuknya seperti topi warna merah dengan bintik-bintik putih? Nah, inilah visual dari jamur fly agaric. Mengandung asam ibotenat dan muscimol, yang bekerja pada sistem pusat saraf pusat.

Dampak negatif mengonsumsi jamur satu ini dapat membuat diri mengalami delirium, delusi, dan kejang-kejang. Disertai dengan mabuk, lalu mulai halusinasi menganggap benda-benda kecil bentuknya jadi sangat besar.

3. False morel

Jamur False Morel

Bentuknya seperti sel-sel otak manusia, sering membuat manusia keliru menganggap jamur beracun ini adalah morel. Jamur ini disebutkan fatal ketika dimakan mentah.

Gejala dirasakan tubuh dalam waktu 7 hingga 10 jam setelah dimakan, merasa mual dan muntah lalu diikuti oleh sakit perut dan diare. Dalam kasus yang parah, bisa juga menyebabkan kematian karena kerusakan hati.

4. Autumn skullcap

Jamur Autumn Skullcap

Bentuknya suka membuat orang bingung dengan jamur yang memang bisa dimakan, yakni jamur honey. Kandungan beracun di jamur ini adalah amanitin yang sama di jamur death cap. Dapat merusak hati sehingga bisa mengakibatkan kematian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini