nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WHO Tetapkan COVID-19 Jadi Pandemi, Indonesia Pertimbangkan Cabut Bebas Visa

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 20:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 12 406 2182473 who-tetapkan-covid-19-jadi-pandemi-indonesia-pertimbangkan-cabut-bebas-visa-ORytbfwgo1.jpg Jubir Penanganan Korona Achmad Yurianto (Foto : Fahreza Rizky/Okezone)

Organisasi Kesehatan Dunia-WHO telah menetapkan virus korona COVID-19 sebagai pandemi. Ditetapkan COVID-19 sebagai pandemi oleh WHO tentu memberikan dampak terhadap semua negara.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona, Achmad Yurianto menjelaskan bahwa status pandemi ini untuk seluruh negara di dunia, bukan hanya Indonesia.

"Ini mari kita pahami bersama, konteks pandemi mengisyaratkan kepada semua negara, bahwa virus ini bisa menyerang siapa saja dan negara mana saja," ujarnya saat Konferensi Pers di Kantor Staff Presiden (KSP), Jakarta, Kamis (12/3/2020).

"Pandemi itu artinya tidak ada negara di bumi yang tidak mengantisipasi," sambung Yuri.

Lebih lanjut, berkaitan dengan itu, Yuri menjelaskan bahwa kewaspadaan seluruh dunia meningkat setelah WHO menetapkan COVID-19 sebagai pandemi. Salah satunya terkait dengan kebijakan bebas visa.

"Banyak negara-negara yang kini meninjau kembali bebas visa. Pemerintah (Indonesia) juga sudah mulai membicarakan tentang pencabutan bebas visa untuk negara-negara yang lain, ini dalam proses pembicaraan," jelas Yuri.

Antisipasi COVID-19

Tentu peninjauan pencabutan bebas visa sementara ini tidak ada tujuannya. Yuri menjelaskan, hal ini untuk mengurangi penyebaran manusia sebagai pembawa virus korona.

"Artinya dalam tanda petik, tidak lagi kita memberikan kemudahan untuk memberikan kemudahan antara satu dengan yang lain, gunanya untuk mengurangi penyebaran," tandasnya. (hel) 

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini