Waspadai, Tanaman Hidroponik Bisa Jadi Sarang Nyamuk DBD

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 12 481 2182180 waspadai-tanaman-hindroponik-bisa-jadi-sarang-nyamuk-dbd-HjTRixVcjc.jpg Ilustrasi. (Dewi/Okezone)

PENCINTA tanaman hidroponik harus waspada dengan penularan demam berdarah dengue (DBD). Ternyata nyamuk aedes aegypti dapat berkembangbiak di dalam pot tanaman.

Kementerian Kesehatan meminta masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan, terhadap penyakit DBD. Karenanya, angka kasus DBD tahun ini telah menyentuh angka 17.820 orang.

tanaman

Direktur Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menegaskan, masyarakat harus rutin membersihkan tempat-tempat penampungan air.

"Karena nyamuk senang berada di tempat lembap," kata Siti Nadia, ditemui di Gedung Kemenkes, kawasan Kuningan, Rabu 11 Maret 2020.

Seperti pada tanaman hidroponik, atau budidaya tanaman dengan memanfaatkan air, disarankan untuk rajin membersihkannya agar tidak menjadi sarang nyamuk.

"Hidroponik itu baik. Tapi bagian bawahnya bisa banyak jentik nyamuk. Jadi harus rutin dibersihkan," ucap Siti Nadia.

Tidak lupa juga, Siti Nadia mengingatkan tentang pola 3M plus. Yakni menutup, menguras dan mendaur ulang, serta upaya tambahan, seperti memelihara hewan pemakan jentik nyamuk maupun tanaman antinyamuk.

"Ikan cupang itu bisa makan jentik nyamuk dan kalau tanaman ada lavender yang bisa usir nyamuk," pungkas Siti Nadia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini