Faktor Penyebab Gagal Ginjal, Cek Gaya Hidup Anda!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 12 481 2182216 faktor-penyebab-gagal-ginjal-cek-gaya-hidup-anda-k2Q7rUXWnW.jpg Ilustrasi (Foto : Healthline)

Gagal ginjal menempati urutan keempat sebagai penyakit tidak menular dengan biaya termahal di dunia setelah jantung, kanker dan stroke. Padahal penyakit ini bisa dicegah, meskipun angka kematiannya tinggi.

Ketua Umum PB PERNEFRI, dr. Aida Lydia, PhD, Sp. PD-KGH mengatakan ada beberapa faktor risiko yang membuat seseorang berpotensi terkena penyakit gagal ginjal. Risiko tersebut terbagi atas faktor yang bisa dikendalikan dan tidak bisa dikendalikan.

“Faktor yang bisa dikendalikan adalah diet berlebih, merokok, konsumsi alkohol berlebih, kurang berolahraga, kegemukan (obesitas), stres, dan beberapa penyakit pembawa sebelumnya seperti diabetes, dan hipertensi,” terang dr. Aida kepada Okezone baru-baru ini.

Sakit Ginjal

Di sisi lain faktor penyebab yang tidak bisa dikendalikan adalah faktor usia dan faktor genetika. Terlebih mayoritas masyarakat Indonesia mengalami gagal ginjal dan harus melakukan hemodialisa (cuci darah) pada rentang usia 45-64 tahun.

“Oleh sebab itu, sebelum jatuh sakit ada baiknya seseorang mengenali apakah ada faktor risiko mengalami gangguan ginjal atau tidak. Gaya hidup serta pola makan tinggi garam atau tinggi gula juga memiliki dampak terhadap penyakit tersebut,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini