Minum Empon-Empon, Cara Warga Yogyakarta Cegah COVID-19

Kamis 12 Maret 2020 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 12 481 2182405 minum-empon-empon-cara-warga-yogyakarta-cegah-covid-19-bImsxQGeus.jpg Empon-empon (Foto: Okezone)

Yogyakarta punya budaya tradisional yang perlu dikembangkan. Bahkan saat wabah COVID-19 membuat khawatir warga dunia, warga Yogyakarta punya cara sendiri untuk pencegahan yakni dengan minuman empon-empon agar daya tahan tubuh meningkat.

“Kita punya empon-empon yang ampuh mencegah. Belum lagi Kraton Yogyakarta punya resep pusaka jamu yang jadi favorit para raja. Ini yang juga menjadi ciri khas bagi branding medical tourism di Yogyakarta,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo belum lama ini.

 Kraton Yogyakarta

Potensi empon-empon dengan aneka olahan minuman di Yogyakarta perlu dimaksimalkan. Tiap kabupaten/kota harus memasifkan minuman lokal kepada masyarakat dan wisatawan yang berkunjung.

“Wedang Uwuh misalnya, bisa jadi ciri khas Bantul yang luar biasa. Ini kalau kita tambahi dengan cerita yang dibangun sesuai sejarah, maka akan luar biasa. Belum Bir Jawa, ada juga Wedang Secang, bisa jadi ciri khas Sleman juga,” terang Singgih.

Seperti dilansir dari KR Jogja, tak hanya minuman saja, empon-empon juga bisa digunakan untuk perawatan tubuh mulai dari bayi hingga orang-orang tua.

“Semua hanya butuh diceritakan saja karena kita punya semuanya. Yogyakarta punya potensi itu,” pungkas Singgih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini