Banyak Kantor Pakai Thermal Gun, Jubir Korona Sebut Memberikan Ketenangan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 21:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 12 481 2182501 banyak-kantor-pakai-thermal-gun-jubir-korona-sebut-memberikan-ketenangan-fqWkB6U9N1.jpg Ilustrasi Thermal Gun. (Foto: Okezone)

SEJAK wabah virus Korona COVID-19 menyebar di Indonesia, banyak perusahaan semakin waspada. Beberapa peningkatan keamanan pun dilakukan seperti melakukan pemeriksaan dengan thermal gun sebelum memasuki gedung.

Juru Bicara Penanganan Korona COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan thermal gun bukan lah alat yang bisa digunakan untuk menemukan virus Korona COVID-19. Pasalnya, thermal gun hanya mengukur suhu.

"Secanggih apapun thermal gun tidak akan temukan virus, ini hanya untuk ukur suhu. Jadi bukan untuk menemukan virus," kata dia di Kantor Staff Presiden (KSP), Jakarta.

Ya enggak apa-apa lah, jadi kita juga merasa tenang,

Meski demikian, dia menyebut penggunaan thermal gun juga memiliki dampak positif, yakni membuat orang lebih tenang. "Jadi lebih ketenangan, oh saya sudah diukur di sana sekian. Ya enggak apa-apa lah, jadi kita juga merasa tenang," kata dia.

"Ketika saya tanya juga ini cara pakainya gimana, dia jawab ya kalau tidak merah (demam) berarti boleh masuk," tambahnya.

Ketiga pasien itu yakni dengan kasus bernomor 6, 14, dan 19 secara nasional. Mereka akan segera dipulangkan ke kediamannya masing-masing.

Selain itu, penggunaan thermal gun pun terbilang mudah, sehingga tidak dibutuhkan keterampilan khusus dan hampir semua orang bisa mengoperasikannya. "Tidak perlu pelatihan, kan cuma ditempelkan di kening saja," jelas Yuri.

Sekadar informasi, ada satu orang WNA perempuan berusia 53 tahun yang meninggal karena virus Korona COVID-19. Selain itu ada dua orang lagi yang meninggal diduga akibat virus Korona COVID-19.

Tapi, hingga saat ini tiga pasien telah mengalami konversi negatif korona setelah mendapatkan perawatan dan diisolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini