Share

Hari Tidur Sedunia, Simak 5 Cara Cepat Menidurkan Bayi

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 196 2182646 hari-tidur-sedunia-simak-5-cara-cepat-menidurkan-bayi-kiRSBhF1DY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENIDURKAN anak, apalagi yang masih bayi jadi salah satu aktivitas paling menantang bagi para orangtua. Baik itu orangtua baru, ataupun yang sudah memiliki anak sebelumnya.

Bayi yang baru lahir, biasanya memang bolak-balik tidur dan bangun seharian. Tapi di tiga bulan pertama, bayi bisa berangsur-angsur tidur lebih lama.

Jangan overthinking atau frustrasi dulu setiap kali hendak menidurkan bayi. Sebetulnya, ada beberapa tips yang bisa dicoba dilakoni agar bisa menidurkan bayi dalam waktu singkat. Berikut pemaparan tips menidurkan bayi dalam waktu singkat. Seperti dilansir dari parents, livingandloving dan healthlinkbc.

 Seperti dilansir dari parents, livingandloving dan healthlinkbc.

Pisahkan dengan waktu makan

Bayi baru lahir biasanya memang sering tiba-tiba tertidur saat sedang makan. Ini tidak perlu dikhawatirkan oleh para orangtua. Nah mulai di usia empat atau lima bulan, pisahkan antara waktu makan dan waktu tidur. Dengan ini biasanya anak akan tidur lebih baik.

Buat suasana nyaman

Saat menidurkan anak, buat lampu di kamar jadi redup dan pelankan suara kita. Buat suasana agar nyaman dan hening, dan kita tak perlu mengajak anak bermain.

Saat menidurkan anak di malam hari, mandikan anak lalu setelah itu bisa juga membacakan buku cerita atau menyanyikan lagu-lagu pengantar tidur. Aktivitas yang dapat membuat anak relax ini harus rutin dilakukan, sehingga bayi kita bisa menangkap sinyal bahwa dengan aktivitas ini maka tandanya sudah waktunya untuk tidur.

Disiplin waktu

Disiplin jadi kunci penting agar kita bisa menidurkan bayi dalam waktu singkat. Maka dari itu pengaturan waktu tidur sangat penting. Di usia delapan minggu bayi mengalami peningkatan melatonin, hormon alami ini yang berarti bayi siap untuk tidur lebih awal sesuai dengan waktu saat matahari terbenam.

Kadar melatonin naik di waktu sekitar matahari terbenam, tetapi mengingat bahwa matahari terbenam bisa kapan saja, kita bisa tetap berpegang pada standar, jam mulai menidurkan anak jam 18:30 atau 7 malam sebagai waktu terbaik.

Stimulasi suara

Pakai trik white noise, penelitian menunjukkan bahwa suara-suara yang konstan seperti suara kipas angin atau suara debur air laut atau aliran air, bisa disetel dari HP, dapat membantu bayi tidur lebih dalam lebih lama. Kita juga bisa pakai suara ini untuk menenangkan bayi saat dia terbangun di tengah-tengah sedang terlelap.

Suhu tepat

Suhu ruangan yang tepat untuk cepat menidurkan bayi, adalah di antara 16 hingga 20 derajat celsius. Jika cuaca sedang dingin, jangan lupa selimuti anak. Jika cuaca sedang panas, kenakan baju katun yang ringan dan menyerap keringat pada bayi Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini