Vaksin Saja Tak Cukup Cegah Bayi Kena Pneumonia Loh!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 481 2182698 vaksin-saja-tak-cukup-cegah-bayi-kena-pneumonia-loh-hTpPwqCOmB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT Pneumonia adalah salah satu penyakit infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Penyakit ini kemudian membakar kantung udara di satu atau kedua paru-paru.

Pneumonia pun sangat rentan dialami oleh anak-anak dan tergolong penyakit menular. Bahkan, pneumonia menjadi salah sati penyakit dengan jumlah kematian yang tinggi pada anak balita.

Bakteri pneumokokus pun bertanggung jawab sebagai penyebab utama kematian penyakit ini. Oleh karena itu, untuk pencegahan orangtua dapat memberikan vaksin anaknya, serta menjaga pola makan yang bergizi.

kemungkinan besar anak bisa selamanya tubuhnya terlindungi dari bakteri pneumokokus.

Selain itu, ada juga vaksin PCV yang dapat mencegah terjadinya pneumonia. Bila anak mendapatkan vaksin tersebut, kemungkinan besar anak bisa selamanya tubuhnya terlindungi dari bakteri pneumokokus.

Presiden Nasional Akademi Pediatri India Anupam Sachdeva mengatakan, vaksin dapat menurunkan jumlah kematian balita akibat pneumonia. Vaksin tersebut dapat diberikan kepada balita yang tinggal di penjuru dunia manapun.

"Langkah ini akan membantu mengurangi rawat inap terkait radang paru-paru," ucap Sachdeva, dilansir Zeenews.

Ada beberapa jenis vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit mematikan ini. GAVI, sebuah aliansi global untuk vaksin memperkenalkan menyebut salah satunya adalah vaksin PCV untuk mencegah pneumonia.

Meski demikian, Sachdeva menambahkan, anak tak cukup diberikan vaksin saja, pemberian ASI eksklusif sejak bayi lahir hingga usia dua tahun atau lebih juga sangat berguna menghalau virus ini.

Pencegahan yang lainnya Anda bisa melakukan pemberian nutrisi makanan yang tepat. Jaga pola makan anak setiap hari untuk mencegah stunting atau obesitas. "Jauhkan anak dari asap rokok atau jenis asap lainnya dari sisa pembakaran. Hal tersebut mudah memicu anak kena pneumonia yang mematikan," tambahnya.

Selain itu, cuci tangan pakai sabun setiap hari, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tak mengundang penyakit lainnya. Karena anak di bawah usia lima tahun masih sangat rentan menderita segala macam penyakit. Kalau tidak dicegah, masa depan mereka terancam dengan gangguan penyakit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini