Pasien DBD Minum Larutan Elektrolit Bisa Cepat Sembuh, Benar Enggak Ya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 15 Maret 2020 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 481 2182715 pasien-dbd-minum-larutan-elektrolit-bisa-cepat-sembuh-benar-enggak-ya-J8ecztJRXW.jpg Ilustrasi. (Healthline)

BERKAITAN dengan penyakit demam berdarah dengue (DBD) banyak anjuran yang dapat dilakukan oleh pasien DBD. Salah satunya yakni meminim cairan elektrotit agar mempercepat kesembuhan. Benarkah demikian?

Untuk mengecek apakah minum elektrolit saat DBD bisa membuat pasien cepat sembuh ini memang benar fakta, ataukah tidak, Okezone pun bertanya pada Pakar Kesehatan dr Robert Sinto, Sp.PD, K-PTI, dari RS Cipto Mangunkusumo-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dokter Robert ternyata tidak menampik bahwa pasien DVD dapat meminum elektrolit. Kenapa?

elek

“Iya, harus banyak minum atau konsumsi cairan apapun. Kalau rekomendasi WHO, cairannya sebaiknya tidak berupa air mineral,” ujar Dokter Robert saat dihubungi, Jumat (13/3/2020) melalui sambungan pesan.

Menurut Dokter Robert, inti pengobatan demam berdarah adalah cairan yang cukup di tubuh. Namun harus diingat dengan catatan, bahwa sebetulnya tidak mesti wajib hanya cairan elektrolit, tapi konsumsi cairan apapun.

Tepatnya, mengonsumsi minuman atau cairan yang alternatif pilihannya bisa dilihat dari rekomendasi WHO, Badan Kesehatan Dunia. "Bisa berupa susu, jus, cairan elektrolit isotonik, oralit, dan rice water," tuturnya.

Dengan kondisi tubuh yang tidak kekurangan cairan atau dehidrasi, maka pasokan cairan yang cukup di tubuh, diketahui dapat membantu keseimbangan tubuh. Tentunya sambil menunggu respon kekebalan tubuh sendiri, terhadap virus yang masuk.

Untuk cairan elektrolit, dokter yang tengah bertugas di karantina ABK Diamond Princess di Kepulauan Sebaru ini menegaskan, cairan elektrolit bukan ditujukan agar pasien cepat sembuh. Namun lebih cenderung agar tubuh pasien DBD tetap stabil, sehingga perburukan kondisi tubuh yang bisa berakibat fatal, bisa dicegah.

“Mungkin bahasanya bukan biar cepat sembuh, ya. Tapi Membuat tubuh tetap stabil sambil menunggu proses alamiah sembuh. Lebih ke untuk mencegah perburukan kondisi yang dapat menimbulkan kematian,” kata Dokter Robert.

Dia menyarakan, pasien DBD bisa mendapatkan cairan tubuh dengan minum jus buah atau sayur. Selain dapat dinikmati, minuman tersebut bisa menjadi pelengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Tapi kalau ada yang rasanya lebih bisa dinikmati, contohnya jus dan sebagainya, kan bisa jadi alternatif yang lebih enak," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini