Jangan Minder, Ini 5 Fakta Kebotakan yang Harus Kamu Ketahui

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 14 Maret 2020 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 481 2182959 jangan-minder-ini-5-fakta-kebotakan-yang-harus-kamu-ketahui-A4SAR9paCH.jpg ilustrasi: shutterstock

KEBOTAKAN menjadi ancaman bagi banyak orang. Seringkali rambut mengalami kerontokan hingga berujung pada kebotakan permanen. Tentunya hal ini bisa menyebabkan seseorang menjadi malu dan kurang percaya diri.

Dilansir dari Mens Health, Selasa (10/3/2020), tentunya terdapat beberapa fakta terkait dengan kebotakan yang wajib Anda ketahui. Yuk disimak.

1.Penyebab kerontokan rambut

Banyak pria kurang memperhatikan pelembab bagi rambutnya yang mengakibatkan dua pertiga dari mereka kehilangan rambutnya. Biasanya pria akan kehilangan rambutnya setelah masa pubertas karena kelebihan testosterone yang disebut dihidrotestosteron (DHT).

Hormon ini yang menyebabkan folikel rambut menyusut, membuat rambut baru lebih halus, ringan dan pendek. Pada kasus yang lebih parah bahkan rambut bisa menjadi tidak tumbuh sama sekali.

2.Genetika

Kebotakan pria (MPB) terkait erat dengan genetika dari sang ibu. Salah satu gen yang terkait dengan kerontokan rambut ditemukan dalam kromosom X, yang diwarisi dari sang ibu. Dalam kasus ini pria kaukasia (Eropa, India Utara, Afrika Utara) yang berkulit putih lebih rentan. Risiko MPB juga akan meningkay seiring bertambahnya usia.

3.Stress

Stress bisa berkontribusi pada kerontokan rambut. Alopecia areata (AA) dan telogen effluvium (TE). AA adalah penyakit autoimun di mana tubuh seseorang mulai menyerang folikel rambut. TE ditandai dengan kerontokan rambut yang berlebihan selama periode stress, tetapi tidak permanen.

Keduanya dapat dihilangkan dengan menghancurkan kadar kortisol dengan aktivitas seperti tidur, meditasi dan olahraga ringan.

4.PIl kebotakan

Opsi yang populer bagi seseorang yang mengalami kebotakan adalah pil finasteride yang dapat menghambat produksi dihidrotestosteron (DHT). Ada pula regaine yang berbentuk minoxidil topical yang dapat diaplikasikan langsung ke kulit kepala.

Obat ini dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut untuk merangsang pertumbuhan. Jika semua cara tersebut gagal, seseorang bisa melakukan cara terakhir yakni dengan transplantasi rambut.

5.Botak lebih keren

Para peneliti di University of Pennsylvania menemukan bahwa wanita percaya pria botak lebih percaya diri dan menarik. Penelitian juga mencatat pria botak leboh baik secara ekonomi dan bernegosiasi. Salah satu orang barat berkepala botak yang dianggap keren dan memiliki bisnis jutaan dolar adalah Dwayne Johnson.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini