Malas Menjalani Pola Hidup Sehat? Coba Lakukan Trik Simpel Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 15 Maret 2020 00:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 481 2182971 malas-menjalani-pola-hidup-sehat-coba-lakukan-trik-simpel-ini-hveVraPmhi.jpg ilustrasi: medicalnewstoday

SEHAT merupakan kenikmatan yang tak bernilai. Bahkan, sehat tak bisa dibeli dengan harta. Untuk itu, menjalani pola hidup sehat merupakan dambaan bagi setiap insan.

Namun, terkadang hal itu menjadi impian semata. Karena masih banyak orang yang hanya sekadar 'ingin' tapi masih malas untuk menerapkannya.

Nah, buat kamu yang masih bermalas-malasan untuk menjalani pola hidup sehat, kamu mulai dengan melakukan kebiasaan berikut ini. Dilansir dari Foodbeast, Jumat (13/3/2020) ini dia 6 life hacks agar lebih mudah beralih ke gaya hidup sehat.

1. Ubah mindset soal camilan

Snacking alias ngemil memang mengasyikkan, tapi jika ingin punya gaya hidup sehat, maka camilan seperti keripik kentang asin, atau cokelat yang manis harus dilupakan. Masih banyak loh camilan ringan yang renyah, punya rasa gurih ataupun manis yang bisa dikonsumsi tanpa masalah. Contohnya, buat sendiri granola bar di rumah dengan cara memilih sendiri kacang-kacangan dan buah-buahan kering yang ingin digunakan. Atau bisa saja mengemil simpel, dengan mengunyah sepotong apel segar.

2. Rajin bikin smoothies

Sembari menyiapkan menu makanan, kita bisa juga sekaligus menyiapkan smoothies yang penuh nutrisi di rumah. Cukup potong buah-buahan dan sayur-sayuran yang akan digunakan, simpan di wadah ziploc khusus freezer. Voila! Ketika dibutuhkan hendak diolah, kita tinggal mengeluarkannya dari kulkas lalu memasukkannya ke blender. Hemat waktu dan membuat sesi minum smoothies jadi lebih mudah kan?

3. Olahraga saat kerja

Tidak punya waktu cukup karena sibuk bekerja biasanya memang jadi alasan banyak orang untuk melewatkan berolahraga. Well, sebetulnya banyak jenis gerakan olahraga yang bisa dilakukan di meja kerja loh! Dan jangan lupa untuk membiasakan diri untuk lebih memilih menaiki tangga dibandingkan instan menaiki lift ya!

4. Perbanyak konsumsi sayuran

Jika tak terlalu suka mengonsumsi sayuran secara langsung, bisa diakali dengan cara menambahkan lebih banyak sayuran pada smoothies. Bayam, kale, bit, bisa digunakan sebagai sayuran dalam smoothies. Bahkan ketika ingin menyantap pizza atau muffin, bisa loh dengan memasukkan bunga kol atau cauliflower menjadi salah satu bahan utama.

5. Masakan sendiri lebih sehat

Memasak bisa jadi kegiatan yang menenangkan sekaligus menyenangkan. Coba ajak teman-teman dan memasak bersama di akhir pekan, buatlah hidangan sebanyak yang kita bisa dengan adanya bala bantuan dari teman-teman terdekat.

Tak perlu hidangan yang rumit, buat hidangan simpel seperti ayam, salad, sandwhich. Nah kita tinggal menyantap hidangan yang sudah dimasak tersebut selama pekan berikutnya.

6. Perbanyak minum air mineral

Hidrasi atau memenuhi kebutuhan air mineral harian sangatlah penting. Di zaman canggih dan modern seperti sekarang begitu banyak aplikasi gratis di ponsel yang bisa dimanfaatkan, sebagai pengingat diri agar jangan sampai kurang mengonsumsi air mineral sehari-hari. Terpenuhinya kebutuhan asupan air mineral harian, tidak hanya membuat tubuh berenergi namun hidrasi juga bagus untuk mengurangi berat badan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini