nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Gamma Knife, Pengobatan untuk Sembuhkan Kanker Otak

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2020 20:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 13 481 2183015 mengenal-gamma-knife-pengobatan-untuk-sembuhkan-kanker-otak-qmekndm4YR.jpg Metode Gamma Knife (Foto : Medproper)

Kanker menjadi penyakit katastropik yang menempati urutan kedua terbanyak setelah kardiovaskular. Saat ini masih belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan kanker. Tapi penyakit yang satu ini masih bisa diobati dengan treatment khusus bernama Gamma Knife.

Gamma Knife adalah pengobatan baru yang berfokus pada radiosurgery atau bedah radiasi yang bertujuan untuk mendestruksi tumor di dalam otak tanpa harus melakukan pembedahan. Gamma Knife adalah pisau yang terbuat dari sinar gamma yang berfungsi untuk memotong atau merusak jaringan.

Dokter Spesialis Bedah Saraf, dr. Setyo Widi Nugroho, Sp.BS(K), mengatakan saat ini teknologi Gamma Knife baru ada dua di Indonesia. Metode ini masih terbilang baru, sehingga tidak banyak rumah sakit yang memiliki fasilitas Gamma Knife.

“Di Indonesia baru ada dua salah satunya ada di RSCM dan yang satunya lagi ada di rumah sakit swasta yang memang merupakan treatment gold. Gold adalah standart treatment untuk berbagai kelainan yang ada di otak,” terang dr. Setyo kepada Okezone baru-baru ini.

Gamma Knife

Dokter Setyo mengatakan saat ini Gamma Knife menjadi populer dan terbukti efektif untuk menyembuhkan pasien dengan berbagai macam penyakit seperti kanker maupun tumor. Bahkan RSCM telah memiliki tim besar yang bisa menggunakan metode serta alat tersebut dengan baik.

“Jadi kami memiliki tim besar yang menggunakan metode dan alat tersebut untuk penyembuhan pasien. Bisa menyembuhkan tumor ganas terutama karena penyebaran yang menyebar dari luar tubuh ke otak dan berbagai tumor jinak yang ada di otak,” lanjutnya.

Selain kanker dan tumor, berbagai penyakit pembuluh darah dan penyakit lainnya seperti epilepsi juga sudah coba dimulai treatmentnya. Terbukti beberapa percobaan mendapatkan hasil yang memuaskan, salah satunya adalah Pendiri Ristra Kosmetik, dr. Retno Tranggono yang mengalami kanker.

“Intinya penyakit yang mengganggu wajah yang kami kerjakan dan hasilnya sangat memuaskan. Tapi hanya bekerja di bagian otak saja,” tutup dr. Setyo.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini