Share

Jaga Imunitas Tubuh, Jubir Korona: Bukan Berarti Makan 6 Kali

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 15 Maret 2020 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 15 481 2183619 jaga-imunitas-tubuh-jubir-korona-bukan-berarti-makan-6-kali-8TOJ8WP2GQ.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

SUPLEMEN vitamin C sering diklaim dapat menjaga imunitas tubuh. Sementara itu, saat virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) mewabah, tak sedikit orang bertanya, seberapa perlu minum suplemen itu sendiri.

Tak jarang, orang pun mengandalkan konsumsi suplemen setiap hari. Padahal menjaga imunitas bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah loh.

makan

Dilansir Okezone dari YouTube Channel Clarin Hayes, Juru Bicara Penanganan COVID-19 dr Achmad Yurianto mengatakan, COVID-19 tergolong penyakit yang bisa smebuh sendiri atau self limiting disease. Sehingga suplemen tak terlalu dibutuhkan dalam hal ini.

"Pada umumnya penyakit virus bisa sembuh sendiri, dengan daya tahan tubuh yang baik," ungkap Yuri.

Nah, untuk menjaga daya tahan tubuh yang baik, bagaimana caranya? Yuri menuturkan, setiap orang harus istirahat cukup, melakukan aktivitas cukup, juga dengan asupan gizinya cukup

"Cukup tidak berlebih, bukan berarti makan 6 kali sehari," kata dia.

jubir

Paling penting, hindari stres ya, Okezoners. Ketika tubuh karena pasti akan merusak sistem imunitas tubuh dengan baik

"Lalu hatinya (harus) senang, kalau stres (gegara) enggak punya masker misalnya, nanti malah sakit," imbuhnya.

Nah, untuk kebutuhan konsumsi suplemen vitamin C, menurut Yuri, tidak terlalu penting. Sebabnya, suplemen vitamin C malah menimbulkan risiko bahaya untuk lambung.

"Suplemen itu tambahan, kalau kurang ditambahain. Maka enggak harus (konsumsi) vitamin C. Kalau ada gastritis malah perih, santai aja, hatinya senang, daya tahan tubuhnya bagus," tegasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini