Tak Ada yang Salah jika Istri Memutuskan Bekerja, Ini Aturan Mainnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 196 2184280 tak-ada-yang-salah-jika-istri-memutuskan-bekerja-ini-aturan-mainnya-cZCuKRZPCd.jpg Istri Bekerja (Foto: Mvslim)

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karier memang bukan perkara mudah. Apalagi di zaman modern seperti saat ini. Biaya hidup rasanya terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Alhasil, banyak wanita yang mengambil peran ganda demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Menurut Psikolog Meity Arianty, STP, MPsi, fenomena ini memang sudah menjadi hal yang lumrah.

Kendati demikian, ada beberapa dampak positif dan negatif yang harus diperhatikan, terutama menyangkut tumbuh kembang anak dan keharmonisan rumah tangga mereka.

"Biasanya jika istri bekerja, tentu waktu di rumah jadi berkurang dan kebersamaan dengan keluarga juga otomatis berkurang, namun plus-nya bisa membantu suami dalam mendapatkan materi/penghasilan tambahan," ujar Mei saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, belum lama ini.

Salah satu cara untuk mengatasi persoalan ini, Mei mengatakan setiap pasangan suami istri harus bisa membagi peran. Bahkan, kalau perlu mereka bisa saling bertukar peran.

Misalnya, bila istri memutuskan untuk bekerja, suami bisa membantu mengurus anak karena mereka lebih banyak memiliki waktu luang di rumah. Tidak perlu merasa tertekan atau terbebani oleh keputusan tersebut. Para suami juga tetap dapat beraktivitas dengan menjalankan bisnis online, atau menjalankan pekerjaan mereka di rumah. Semuanya kembali kepada keputusan setiap pasangan.

"Pada dasarnya, setiap Pasutri itu memiliki cara masing-masing untuk mengatasi permasalahan ini. Namun perlu diingat bahwa setiap keputusan harus diambil berdasarkan kesepakatan bersama," tegas Mei.

"Rasanya tidak akan ada masalah terutama buat anak-anak, jika pasangan cukup tahu porsi masing-masing. Kapan peran ayah dan kapan peran ibu dimasukan dalam proses tumbuh kembang anak," tandasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini