Ibu Hamil, Yuk Hindari Anemia dengan Konsumsi Makanan yang Punya Zat Besi Tinggi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 481 2184020 ibu-hamil-yuk-hindari-anemia-dengan-konsumsi-makanan-yang-punya-zat-besi-tinggi-JCl2VWMlao.jpg Ibu hamil (Foto: Pexels)

SALAH satu masalah yang kerap kali dihadapi oleh ibu hamil adalah anemia. Untuk mencegah anemia, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan kaya zat besi.

Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan zat besi. Jika ibu hamil menderita anemia, maka bahayanya tak hanya membuat tubuhnya lemah, namun Janin di dalam kandungannya pun akan terganggu karena kekurangan zat besi.

Ada empat jenis makanan yang baik untuk Anda konsumsi saat hamil. Berikut ini ulasannya seperti yang dilansir dari berbagai sumber:

Daging sapi

Daging merah kaya akan zat besi. Tentunya, ibu hamil malah dianjurkan makan daging sapi setidaknya tiga kali dalam seminggu. Umumnya, daging sapi merah dan berkualitas dapat Anda temui pada daging sapi Australia.

1

Selain dari jenis dan potongan daging yang lengkap, daging sapi Australia juga aman dan halal. Anda bisa mendapatkan daging sapi Australia ini di supermarket ternama yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Daun seledri

Studi penelitian terbaru mengklaim, daun seledri dapat membantu wanita hamil mencegah anemia. Daun ini tentu mudah ditemukan dan dikonsumsi bersama makanan lainnya.

Bayam

Pastikan bahwa Anda menambahkan bayam ke dalam diet Anda, setidaknya tiga kali dalam seminggu. Karenanya, sayuran hijau ini termasuk salah satu sumber vegetarian terbaik yang mengandung zat besi.

Jeruk

Seorang wanita hamil wajib menambahkan suplemen vitamin C. Anda disarankan makan buah jeruk karena jeruk berfungsi mengatasi anemia secara alami. (cm)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini