Apa Itu Virus Corona? Ini Penjelasan Singkat Jubir COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 481 2184162 apa-itu-virus-corona-ini-penjelasan-singkat-jubir-covid-19-qRrIxbPHl9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MUNGKIN tak sedikit dari Anda masih penasaran, bahkan belum mehamami betul apa itu virus corona. Atau mungkin saat berbicara dengan orang lain untuk membahas virus corona, ada sebagian yang belum tahu banyak.

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto pun menjelaskan lebih lanjut. Virus corona biasa disebut sebagai COVID-19. Penyebab virus corona adalah adalah sars corona virus type II.

virus korona

"Sebenarnya ini (virus corona) adalah varian-varian dari virus penyebab influenza, hanya saja ini virusnya baru," terang Yuri dilansir Okezone dari YouTube Channel Clarin Hayes.

Virus corona sendiri memiliki 7 varian yang arahnya menimbulkan gejala flu. Empat di antaranya masuk ke dalam golongan seasonal flu, lalu dua lainnya adalah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome).

Nah, virus corona yang sedang heboh di kalangan masyarakat sekarang ini, awalanya kita kasih nama novel coronavirus. Kemudian kita sepakati dengan COVID-19 (Coronavirus Disease 2019).

"Angka kematiannya 2-3 persen," imbuhnya

Yuri menyebutkan, COVID-19 sama seperti influenza biasa. Penularannya mirip flu yang sering dialami oleh masyarakat.

Lalu, bagaimana ya menghadapi virus corona bungsu tersebut yang membuat masyakarat sangat khawatir? Yuri menegaskan, masyarakat tak perlu panik, karena sebenarnya masyarakat sudah paham dengan penanganan influenza sendiri.

"Saya ingat betul waktu SD, sama gurunya langsung dipulangkan (kalau flu), terus dibilang kamu jangan mandi air dingin, kamu harus mandi air hangat. Artinya sebenarnya apa yang dilakukan ini sudah benar dan sudah bisa," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini