Suka Mandi dengan Air Panas? Ini Bahayanya untuk Kulit

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 611 2184284 suka-mandir-dengan-air-panas-ini-bahayanya-untuk-kulit-j8Vbuy2jev.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETELAH lelah beraktivitas seharian, sampai di rumah tentunya kita ingin bersantai dan melepas lelah dong. Nah, salah satu cara paling sering dilakukan adalah mandi dengan air panas.

Namun, siapa sangka mandi dengan air panas memberikan efek negatif bagi kesehatan kulit. Melansir thehealthsite, Dermatolog Sejal Shah mengatakan, ada beberapa hal yang seharusnya tidak Anda lakukan saat mandi.

Mungkin mungkin lebih suka mandi air panas karena otot Anda terasa rileks, akan tetapi mandi air panas bisa menghilangkan minyak alami dari kulit Anda pada saat yang bersamaan.

Air panas juga bisa menyebabkan kulit Anda menjadi gatal dan kering. Jika Anda tinggal di tempat yang dingin, pastikan bahwa suhu airnya hangat dan tidak panas.

Jika Anda tinggal di tempat yang dingin, pastikan bahwa suhu airnya hangat dan tidak panas.

Selain itu, Anda juga tidak boleh mandi terlalu lama loh. Mungkin Anda menghabiskan waktu mencapai 30 menit di kamar mandi, baik di bawah pancuran atau berendam.

Sayangnya, terlalu lama terkena siraman air dapat mengupas minyak alami dan lipid dari kulit Anda, yang membantu memerangkap air untuk menjaga kelembapan kulit Anda. Jadi cobalah mandi tidak lebih dari 10 menit di kamar mandi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini