Tito Karnavian Anjurkan Makan Brokoli untuk Imunitas, Ini 8 Manfaatnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 17 Maret 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 17 481 2184693 tito-karnavian-anjurkan-makan-brokoli-untuk-imunitas-ini-8-manfaatnya-TROiyRfMYd.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

UNTUK menjaga imunitas agar tidak terhindar dari virus corona atau Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), setiap orang dianjurkan untuk banyak makan buah dan sayur. Bahkan Menteri dalam Negeri Tito Karnavian menganjurkan makan sayur, salah satunya brokoli.

Tahu enggak Okezoners, brokoli memiliki berbagai manfaat, sama seperti sebagai multivitamin loh. Tak ada salahnya jika Anda rajin makan brokoli yang menyehatkan. Sementara untuk mencegah virus corona, tubuh Anda membutuhkan multivitamin alami.

Dilansir Boldsky, Selasa (17/3/2020), berikut adalah 8 manfaat dari sayuran brokoli, termasuk menjaga imunitas agar terhindar dari virus corona. Simak ulasannya lebih lanjut yuk!

Detoksifikasi tubuh

brokoli

Brokoli kaya akan serat yang membantu menghilangkan racun dari saluran pencernaan. Brokoli juga mengandung antioksidan yang membantu detoksifikasi tubuh berkat kandungan fitonutrien yang khusus. Pada gilirannya dapat menjaga imunitas tubuh karena detoks.

Turunkan berat badan

Brokoli sayuran yang ideal untuk dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan. Karena sayuran ini rendah kalori dan tinggi serat. Anda harus menyertakan sayuran hijau ini ke dalam piring makan supaya tetap sehat dan merasakan khasiatnya.

Mengurangi kolesterol

Brokoli dikemas dengan serat larut yang membantu mengeluarkan kolesterol dari tubuh Anda. Hal ini terjadi karena serat dalam brokoli membantu mengikat asam empedu di saluran pencernaan, yang membuatnya lebih mudah untuk menghilangkan kolesterol.

Mengurangi alergi

Brokoli kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu orang yang menderita radang sendi, asma, dan penyakit alergi lainnya. Sayuran ini juga kaya akan quercetin, kaempferol dan polifenol yang dikenal dengan respon imun anti-alergi. Anak-anak pasti aman mengonsumsi sayuran ini yang diolah sebagai masakan apapun.

Menjaga kesehatan jantung

Sayuran ini terdiri dari khasiat antiinflamasi sulforaphane yang diketahui dapat mencegah kerusakan lapisan pembuluh darah akibat peradangan masalah gula darah kronis. Anda bisa mengonsumsi seporsi brokoli yang segar supaya manfaatnya melimpah.

Meningkatkan pencernaan

Brokoli mencegah penyakit kanker usus besar, dengan mengurangi peradangan di area pencernaan. Kalau Anda tiba-tiba mengalami konstipasi atau perut mulas juga bisa diatasi dengan minum jus brokoli brokol

Mencegah osteoporosis

Brokoli mengandung vitamin K dan kalsium tingkat tinggi. Keduanya diperlukan untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Sayuran ini juga mengandung nutrisi lain seperti fosfor, seng dan magnesium yang sangat baik untuk anak-anak, lanjut usia dan ibu menyusui.

Meningkatkan kesehatan mata

Brokoli terdiri dari antioksidan alami yang melindungi mata dari radiasi ultraviolet. Vitamin A, beta-karoten, fosfor dan vitamin lainnya yang ditemukan dalam brokoli sangat baik untuk kesehatan mata. Perbanyaklah makan brokoli supaya bisa meningkatkan kesehatan mata yang wajib dilakukan semua orang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini