Cara Mencuci Tangan yang Benar, Minimal 20 Detik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 17 Maret 2020 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 17 481 2184799 cara-mencuci-tangan-yang-benar-minimal-20-detik-4A2pHNmo0O.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANJURAN mencuci tangan yang benar sangat digencarkan untuk mencegah penularan virus corona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Lalu bagaimana cara mencuci tangan yang benar?

Badan Kesehatan Dunia (WHO) meminta masyarakat untuk melakukan cuci tangan minimal 20 detik. Selain itu, mencuci tangan harus dilakukan dengan penggunaan sabun dan dibilas di bawah air mengalir.

cuci

Nah, mencuci tangan yang benar harus dilakukan saat sesudah/sebelum makan, sebelum/setelah memegang anak, setelah memegang benda, setelah kontak fisik dengan orang lain, setelah buang air besar atau buang air kecil di toilet, dan sebagainya.

Nah, untuk membiasakan ini, Anda harus tahu cara mencuci tangan yang benar dan sudah sering diajarkan. Simak ulasan berikut ini, dirangkum Okezone, Selasa (17/3/2020).

1. Basahi telapak tangan

2. Tuang sabun ke tangan/ pakai cairan desinfektan

3. Gosok kedua telapak tangan

4. Gosok punggung tangan kanan dan sela jari

5. Gosok sela-sela jari Genggam jempol kiri dengan telapak tangan tangan kiri dan kanan|dengan telapak kanan Kaitkan jari

6. Gosok telapak tangan secara memutar

7. Bilas kedua tangan di bawah air mengalir

8. Keringkan tangan dengan kain bersih atau tisu kering

9. Gunakan lap atau tisu untuk menutup kran air

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini