RS Pertamina Jaya Jadi Rumah Sakit Khusus Corona COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 17 Maret 2020 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 17 481 2184854 rs-pertamina-jaya-jadi-rumah-sakit-khusus-corona-covid-19-1HG17T6CEN.jpg Ilustrasi. (Foto: Instagram/@rspertaminajaya)

RUMAH Sakit Pertamina Jaya Jakarta membuka pintunya khusus untuk merawat pasien virus corona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), baik yang positif maupun suspect. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.

Yuri menuturkan, sejak akhir pekan lalu tak sedikit masyarakat datang ke rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta, untuk meminta melakukan tes COVID-19. Sayangnya, sebagian rumah sakit justru tak langsung memberikan pelayanan langsung kepada pasien non rujukan terkait virus corona.

rspj

Dari permasalahan tersebut, akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menyiagakan rumah sakit. Yuri mengatakan, sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa 109 milik TNI, 53 Polri dan 65 BUMN, serta beberapa rumah sakit swasta, harus siaga menghadapi virus corona COVID-19.

"Rumah sakit sudah siap melaksanakan perawatan penderita COVID-19," ucap Yuri dalam Press Conference yang dilaksanakan di Gedung BNPB Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Dalam kesempatan sama, Yuri menambahkan bahwa ada satu rumah sakit swasta di Jakarta yang membuka pintunya khusus pasien COVID-19. Tepatnya yakni Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta.

"Rumah sakit swasta juga berpartisipasi. Salah satunya RS Pertaminan Jaya ini mendidikasikan seluruh tempat tidurnya, untuk kasus COVID-19," ungkapnya.

Yuri menambahkan, untuk sementara Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta tidak menerima pasien lainnya, selain pasien positif dan suspect virus corona COVID-19. Hal itu berlaku sejak Jumat 13 Maret 2020.

Rumah sakit yang beralamat di Jalan Jenderal Achmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat itu dilengkapi dengan fasilitas lab diagnostic yang dapat mendeteksi virus corona, fasilitas radiologi, ruang gawat darurat, juga ruang isolasi.

Dengan demikian, rumah sakit rujukan di wilayah Jakarta menjadi 9 rumah sakit, yakni:

RSPI Dr. Sulianti Saroso

RSPAD Gatot Soebroto

RSU Persahabatan

RSUP Fatmawati

RS Bhayangkara Tk.1 R. Said Sukanto

RSAL Mintoharjo

RSUD Cengkareng

RSUD Pasar Minggu

Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini