4 Tanda Tubuh Jadi Lebih Bugar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 17 Maret 2020 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 17 612 2184931 4-tanda-tubuh-jadi-lebih-bugar-ejYMK0gokc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan rajin berolahraga. Dengan olahraga yang teratur, maka akan meningkatkan imunitas tubuh kita dan kekebalan terhadap virus Corona COVID-19.

Tapi, jika Anda baru memulai untuk berolahraga, coba pikirkan kembali bagaimana pola olahraga Anda. Bisa saja Anda melakukan olahraga dengan cara yang salah.

Melansir dari Daily Star, Pemilik pusat kebugaran yang juga seorang atlet, Keith McNiven, menyatakan ada beberapa tanda tingkat kebugaran Anda membaik.

Waktu latihan menjadi lebih lama

Olahraga kardio adalah jenis olahraga yang bagus untuk melihat tingkat kebugaran. Mulai dari berlari hingga melakukan gerakan yang rumit.

Saat Anda menerapkan latihan kardio dalam rutinitas olahraga, di tahap awal mungkin Anda merasa kesulitan dan ingin melakukannya hanya sebentar. Jika tingkat kebugaran meningkat, Anda bisa melakukan latihan kardio lebih lama dari sebelumnya.

Jika tingkat kebugaran meningkat, Anda bisa melakukan latihan kardio lebih lama dari sebelumnya.

Selain hal di atas, bila tingkat kebugaran meningkat, hal lain yang terlihat adalah perubahan fisik seperti ukuran baju mengecil dan wajah yang lebih bersinar. Proses untuk mendapatkan kebugaran memang tidaklah mudah. Tapi jika Anda konsisten, Anda akan mendapatkan hasil yang layak.

Beban lebih berat

Jika Anda berolahraga di pusat kebugaran, salah satu latihan yang mungkin Anda lakukan adalah angkat beban. Baik menggunakan mesin berbobot ataupun barbel. Seiring dengan tingkat kebugaran yang membaik, tubuh akan mampu mengangkat beban biasa dengan lebih mudah. Selanjutnya mungkin Anda perlu mengangkat beban yang lebih berat untuk merasakan ketegangan yang sama seperti pada awal latihan.

Lebih banyak gerakan

Dalam beberapa gerakan olahraga terdapat pengulangan. Di tahap awal latihan, mungkin Anda merasa kesulitan untuk mengulang gerakan tersebut. Entah itu berjongkok, bench pressing, atau berlari di tempat.

Saat tubuh sudah lebih bugar, pengulangan tersebut tidak lagi menjadi masalah untuk Anda. Hal yang harus diingat tentang kebugaran adalah keuntungan marginal, kerja konsisten, dan mendorong diri sendiri.

Kenaikan tingkat energi

Salah satu hal terbaik yang didapatkan dari olahraga secara konsisten adalah lebih banyak energi yang Anda rasakan setiap hari dan dapat membuat lebih bersemangat.

Berolahraga tidak hanya melepaskan endorfin, melainkan membantu tubuh menjadi lebih segar. Anda dapat mengetahui bahwa tingkat kebugaran membaik saat terbangun di pagi hari. Anda tidak lagi merasa masih mengantuk atau kelelahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini