nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Italia Lockdown, Ikan-Ikan Bermunculan di Kanal Venesia

Restu Prihargayu, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 13:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 18 406 2185214 italia-lockdown-air-kanal-di-venesia-jadi-jernih-UTOXJuEkkY.jpg Kanal di Venesia Italia jernih usai Italia lockdown (Foto : Youtube)

Setelah WHO menetapkan virus corona atau COVID-19 menjadi pandemi, penyakit ini kian menimbulkan kecemasan. Selain itu, virus corona juga menimbulkan dampak bagi negara-negara di seluruh dunia.

Italia menjadi negara yang terburuk terdampak virus corona setelah China. Pasalnya ada lebih dari 24 ribu orang yang terinfeksi dan hampir 2.000 orang meninggal.

Pemerintah Italia lalu memutuskan untuk menerapkan lockdown, mengisolasi seluruh kegiatan sosial demi memperlambat penyebaran virus corona. Masyarakat dilarang keluar rumah jika bukan kondisi darurat, wisatawan pun sudah dilarang berkunjung.

Kondisi tersebut tentu memberikan pengaruh sosial terhadap kehidupan masyarakat, namun ada dampak lain. Saluran air dan kanal di Venesia, Italia yang sekian lama terlihat kotor menjadi jernih, bagai tak pernah tersentuh manusia. Pemandang ikan-ikan yang bermunculan di kanal Venesia, Italia yang sekian lama tidak terlihat, menandakan betapa jernihnya kondisi sekarang.

Venesia Jernih

Berkat berkurangnya wisatawan asing atau lokal yang datang membuat kanal yang tadinya kotor ini menjadi bersih. Warga asal Venesia, Italia bernama Marco Capovilla, terkejut melihat kanal yang jernih tersebut.

“Saya belum pernah melihat kanal sejernih ini. Biasanya kanal ini menjadi tempat pembuangan puing-puing bangunan.” Kata Marco yang dikutip Stuff, Rabu (18/3/2020).

Kanal di Venesia

Selama terjadinya wabah global COVID-19, hampir tidak ada kendaraan yang berlalu lalang melewati kanal di Venesia. Kota Venesia tidak memiliki selokan air, biasanya wisatawan yang usil membuang sampah sembarangan, dan dibiarkan masuk ke kanal, termasuk deterjen dan kosmetik. Alhasil, kanal di Venesia menjadi kotor.

Namun, berkat pemerintah Italia yang menganjurkan untuk bekerja di rumah, warga Venesia akhirnya mempunyai kanal yang bersih kembali. “Melihat begitu banyak ikan di kanal, sangat jarang terjadi sebelum terjadinya wabah COVID-19,” ucap salah seorang warga Venesia, Martina Bettoni

"Saya harap kita dapat belajar dari bencana ini, ketika bencana ini sudah berakhir, Venesia akan mampu mencapai keseimbangan antara kerumunan wisatawan dan kebersihan lingkungan," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini