Jubir COVID-19 Sebut Virus Corona Lama-Lama Jadi Penyakit Flu Biasa

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 481 2185356 jubir-covid-19-sebut-virus-corona-lama-lama-jadi-penyakit-flu-biasa-i3n6PMhUW5.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

VIRUS corona atau Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), dilaporkan dapat bermutasi menjadi airborne disease atau bisa menyebar melalui udara. Bahkan, lama-lama virus corona baru ini mirip dengan penyakit flu biasa.

Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Juru Bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto. Yuri mengatakan bila virus corona benar-benar telah bermutasi menjadi airborne disease, penggunaan masker, cuci tangan, hingga penerapan pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan virus tersebut, tidak akan seefektif seperti sebelumnya.

flu

"Semuanya tidak menjadi seefektif sebelumnya kalau benar-benar terjadi airborne," kata Yuri, saat menjadi pembicara di channel YouTube Deddy Corbuzier.

Lebih lanjut Yuri menjelaskan, bila melihat perkembangan mutasi COVID-19 yang kian masif dengan gejala minimal, sebenarnya membawa kabar baik sekaligus buruk bagi masyarakat Indonesia.

Di satu sisi, pengendalian penyebaran virus corona menjadi lebih sulit, namun di sisi lain gejala klinisnya menjadi lebih ringan. Sehingga tidak menutup kemungkinan, virus ini akan bermutasi menjadi seasonal virus meski penyebarannya sudah melalui udara.

"Seperti yang kita alami saar SARS dulu. Lama-lama berubah jadi seasonal flu. Sama seperti H1N1 di tahun 2009. Penyebarannya begitu menakutkan, sekarang hampir semua flu yang kita periksa itu H1N1," ungkap Yuri.

Kendati demikian, masyarakat tetap diimbau untuk tetap waspada. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta (comorbid).

Tingkat kefatalannya diklaim masih jauh lebih tinggi bila terinfeksi virus corona atau penyakit COVID-19. "Kalau didasari penyakit comorbid mungkin akan lebih parah," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini