Waduh, Golongan Darah A Rentan Tertular Virus Corona Loh

Restu Prihargayu, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 481 2185396 waduh-golongan-darah-a-rentan-tertular-virus-corona-loh-QiGlT5trA5.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

TERNYATA orang yang mempunyai golongan darah tipe A lebih rentan tertular virus corona atau Coronavirus Disease (COVID-19). Ini buktinya!

Dilansir Okezone dari South China Morning Post, Rabu (18/3/2020) para peneliti medis di China, mengambil golongan darah lebih dari 2.000 pasien, yang terinfeksi virus di Wuhan dan Shenzhen. Kemudian mereka membandingkannya dengan populasi masyarakat setempat yang sehat.

covid

Para peneliti mengatakan bahwa pasien dengan golongan darah A, menunjukkan tingkat infeksi yang lebih tinggi. Sehingga pemilik golongan darah A cenderung mengalami gejala yang lebih parah.

Sementara itu, para peneliti China menyebut, penilitian ini adalah awal yang baik dan diperlukan tenaga lebih. Mereka mendesak pemerintah China untuk mempertimbangkan kembali aturan tentang perbedaan golongan darah, bagi mereka yang sudah terjangkit COVID-19.

Para peneliti Universitas Wuhan, China yang dipimpin oleh Wang Xinghuan, menuturkan, orang dengan golongan darah A, harus lebih memperkuat sistem imun pribadi. Kemudian dapat mengurangi kemungkinan tertularnya COVID-19.

covid

"Pasien yang terinfeksi COVID-19 dengan golongan darah A perlu menerima pengawasan yang lebih ketat dan perawatan yang lebih agresif,” kata para peneliti.

Data lain menyebutkan bahwa dari 206 pasien yang meninggal akibat COVID-19 di Wuhan, 85 pasien di antaranya memiliki golongan darah A, yang 63 persen lebih banyak daripada 52 pasien dengan golongan darah O

Gao Yingdai, seorang peniliti Laboratorium Negara Hematologi Tianjin menyebutkan, perbandingan golongan darah ini mungkin sangat membantu tim medis. Tetapi masyarakat juga tidak perlu panik atas pernyataan ini.

“Jika Anda mempunyai darah tipe A, tidak perlu panik. Itu tidak berarti kalian akan terinfeksi 100 persen," pungkas Gao Yingdai.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini