nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Corona Jadi Bahan Bercanda, Wajarkah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 12:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 19 196 2185771 virus-corona-jadi-bahan-bercanda-wajarkah-x506Mkg0pT.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Wabah virus corona atau COVID-19 di Indonesia menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat Indonesia. Namun, ada sebagian orang yang malah menjadikan virus corona sebagai bahan bercandaan, wajarkah?

Melihat hal tersebut Psikolog Keluarga dan Anak, Sani Budiantini Hermawan mengatakan, orang-orang yang menjadikan virus corona sebagai bahan bercandaan mungkin individu yang cuek. Menurutnya, hal ini karena dia tidak tahu atau kurang awareness terhadap kesehatan, serta self care-nya juga tidak setinggi orang normal.

"Jadi seperti pasrah, kalau sakit ya sakit lah. Bahkan sudah ada yang beredar kalau sakit sudah ada yang atur, sudah sakit ya takdir," ujarnya kepada Okezone melalui sambungan telfon, Kamis (19/3/2020).

Bercanda di Kantor

Lebih lanjut Psikolog Sani mengatakan, orang-orang seperti itu adalah yang pasrah tidak mau mengantisipasi. Karenanya, menurut Psikolog Sani, selain awareness, intelektual juga memengaruhi seseorang dalam menyikapi virus corona.

"Bahkan yang menjadikan itu bercanda bisa jadi sudah stres atau bingung, sehingga membuatnya menjadi becandaan untuk memecah ketegangan," tuturnya.

Lalu, orang yang menjadikan virus corona sebagai bahan bercandaan hanya sekedar iseng atau menutupi rasa takut? Menurut Psikolog Sani, bisa jadi dua-duanya. Sebenarnya wajar atau tidak tergantung persepsi orang.

"Kalau dampaknya lucu, bisa menyegarkan situasi tanpa harus menyindir atau merugikan orang lain sih oke. Tapi kalau bercandanya keterlaluan dan tidak pada tempatnya, menurut saya malah meresahkan," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini