nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nekat Gelar Pernikahan saat Pandemi COVID-19, Ini Syarat Mutlaknya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 19:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 19 196 2186047 nekat-gelar-pernikahan-saat-pandemi-covid-19-ini-syarat-mutlaknya-sqLU8oIqfq.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

MASALAH pandemi virus corona COVID-19 yang juga terjadi di Indonesia, mengakibatkan banyak gelaran acara harus ditunda bahkan dibatalkan. Termasuk gelaran resepsi pernikahan, karena melibatkan banyak orang.

Dari laporan teranyar terkait perkembangan virus corona di Indonesia, Jubir Nasional untuk penanganan COVID-19 Di Indonesia, Achmad Yurianto menegaskan, per 19 Maret 2020, ada peningkatan kasus positif corona terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Seperti DKI Jakarta dengan 52 kasus tambahan dan Banten 10 kasus.

Sementara, pasien positif corona yang meninggal dunia juga bertambah menjadi 25 orang. Terbanyak pasien meninggal berasal dari DKI Jakarta.

nikah

Jika punya rencana menggelar pesta resepsi pernikahan, sebaiknya tunda dulu, Okezoners. Kalaupun memang ingin menggelar resepsi, lakukan beberapa upaya pencegahan. Sebabnya, hal tersebut menjadi salah satu langkah pencegahan penularan virus corona COVID-19.

Bahkan bagi penduduk DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sudah menyerukan bahwa pihak penyelenggara harus melakukan sederet langkah antisipasi yang wajib dilakukan. Sesuai surat edaran, seruan Gubernur DKI Jakarta sehubungan dengan penerapan social distancing, untuk antisipasi dan pencegahan penularan virus corona COVID-19.

Berikut penjelasannya yang diterima Okezone, Kamis (19/3/2020). Juga empat upaya yang wajib dilakukan oleh pihak penyelenggara pesta resepsi pernikahan.

Harus sediakan petugas pemeriksa suhu tubuh

Setiap penyelenggara pesta resepsi pernikahan, wajib ada petugas yang memeriksa suhu tubuh, ditempatkan di bagian depan lokasi acara. Gunanya untuk memeriksa suhu tubuh setiap orang yang masuk ke dalam gedung atau tempat diselenggarakannya pesta pernikahan.

Menyediakan ruang isolasi untuk tamu

Sebagai langkah antisipasi, jika ditemukan tamu yang tidak sehat, tidak boleh dilibatkan dalam pesta pernikahan. Sehingga tamu yang kurang sehat, tersebut bisa ditempatkan di ruang isolasi tersebut.

Menyediakan hand sanitizer

Hand sanitizer memang dapat dianjurkan untuk salah satu langkah pencegahan virus corona. Setiap penyelenggara harus menyediakan hand sanitizer di pintu masuk dan pintu keluar di lokasi acara.

Jangan berjabat tangan dan sentuhan

Pengantin tidak diperkenankan untuk berjabat tangan, bersalaman, atau melakukan interaksi bersentuhan dengan tamu yang hadir. Cara ini juga dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini