Pesan Penting dari 3 Pasien Positif Virus Corona yang Sudah Sembuh

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 19 481 2185621 pesan-penting-dari-3-pasien-positif-virus-corona-yang-sudah-sembuh-d6Xholfc2x.jpg Kata mereka yang sudah sembuh dari virus corona (Foto : @kemenkes_ri/Instagram)

Setelah menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Sulianti Saroso, tiga orang pasien pertama positif COVID-19, Sita, Maria dan Ratri yang diberi identitas sebagai pasien 01,02, dan 03 telah dinyatakan sembuh dan boleh pulang.

Meski sudah dinyatakan sembuh dan boleh keluar dari rumah sakit, ketiganya kini masih fokus menjalani masa penyembuhan.

Di sela-sela waktu istirahat di rumah, pasien 03, Ratri sempat mengenang kejadian sewaktu dirinya bersama ibunda, Maria dan sang adik Sita di ruang isolasi. Ratri mengenang, walau harus diisolasi, ia mengaku tenang dan senang karena bisa dekat dengan adik dan ibunya. Meskipun hanya bisa saling menyapa dari balik pintu kamar masing-masing.

“Hari pertama masuk kamar isolasi saya senang banget karena kamarnya ibu dan Sita itu sebrangan depan sama kamar saya. Pas masuk, kami bertiga dadah-dadah. Hanya bisa telfonan dan menyapa dari balik jendela yang ada di pintu kamar,” terang Ratri, sebagaimana dikutip BBC Indonesia, Rabu 18 Maret 2020.

Virus Corona

(Foto : @kemenkes_ri/Instagram)

Kini setelah keluar dari rumah sakit dan bisa beristirahat di rumah, termasuk dari tiga orang pasien positif corona COVID-19 di Indonesia yang sukses sembuh melawan virus corona. Ratri, berpesan kepada sesama pasien untuk tidak kehilangan semangat, tidak perlu panik dan harus fokus pada penyembuhan diri.

“Tetap semangat, pokoknya fokus ke self-healing dulu krn ini benar-benar bisa sembuh dan sehat lagi. Kita hanya harus hati-hati, jaga diri, disiplin dan fokus buat sembuh. Kalian semua bisa sakit, dan yang baru tahu kalau positif jangan panik. Semuanya pasti bisa sembuh,” pesan Ratri.

Sedangkan Sita mengingatkan untuk orang-orang yang sudah mengalami gejala, seperti batuk, demam, atau bahkan hingga sesak nafas tidak perlu ragu dan takut untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sekaligus tidak perlu takut juga untuk diisolasi, sebab isolasi tidaklah sehoror yang dibayangkan.

“Untuk yang memiliki gejala, jangan takut untuk cek ke dokter. Jangan takut untuk diisolasi, karena tidak semenyeramkan dengan apa yang dibayangkan,’ tambah Sita.

Virus Corona

(Foto : Instagram)

Terakhir, terkait kondisi penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia yang semakin melebar ditandai dengan penambahan jumlah kasus positif. Maria berpesan, bahwasanya di saat seperti ini isolasi mandiri dengan berdiam diri di rumah adalah tindakan yang sangat baik dan dianjurkan. Sebab dengan cara sederhana inilah, kita setidaknya bisa memutus rantai penularan kepada orang lain.

“Seperti Ratri, tidak bergejala sama sekali. Ternyata dia carrier (pembawa virus). Jadi harus hati-hati sekali karena kita semua enggak tahu. Karena itu bagus untuk diam di rumah selama 14 hari, untuk memutus rantai penularan COVID-19,” pungkas Maria sembari tersenyum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini