Wabah Virus Corona, Ibu Hamil Diimbau Tetap Rajin Kontrol ke Dokter Kandungan

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 19 481 2185838 wabah-virus-corona-ibu-hamil-diimbau-tetap-rajin-kontrol-ke-dokter-kandungan-qNuX1vAOSI.jpg Ilustrasi (Foto : Momjunction)

Situasi pandemi terkait virus corona COVID-19 memang meresahkan banyak orang. Bukan hanya orang-orang lanjut usia, atau orang-orang yang memiliki penyakit penyerta. Termasuk juga para wanita yang sedang hamil.

Lalu di tengah situasi pandemi seperti sekarang dan dianjurkan untuk social-distancing atau menjaga jarak, apakah ini artinya ibu hamil tidak diperkenankan untuk kontrol pemeriksaan di rumah sakit dengan dokter kandungan seperti biasanya?

Meskipun memang diimbau untuk jaga jarak dan menghindari keramaian, namun ibu hamil didorong untuk tetap menghadiri jadwal kontrol pemeriksaan normal seperti biasa.

Seperti dikutip Bbc, Kamis (19/3/2020) Gill Walton dari Royal College of Midwives Inggris menyebutkan bahwa janji temu dengan dokter kandungan itu penting untuk memastikan keselamatan dan kesehatan ibu dan sang bayi yang dikandung. Begitu juga dengan perawatan setelah proses persalinan.

Cek Kandungan

Melihat isu ibu hamil terinfesksi virus di rumah sakit atau klinik, Dr Gaurav Gupta mengatakan bahwa sebetulnya rumah sakit dapat menjadi tempat yang aman. β€œKita tidak seharusnya menganggap bahwa rumah sakit adalah tempat yang dihindari dengan cara apapun,” ujar Dr Gaurav.

Sementara itu, pihak pemerintah Inggris sendiri telah mengeluarkan empat imbauan untuk para ibu hamil di tengah situasi pandemi virus corona atau COVID-19 saat ini, sekiranya mungkin bisa jadi panduan dasar bagi wanita yang sedang mengandung.

1. Hindari kontak dengan seseorang yang menunjukkan gejala-gejala virus corona, batuk terus menerus, demam, hingga sesak nafas.

2. Jika tidak perlu sekali untuk keluar rumah, tidak perlu keluar rumah. Jika terpaksa harus keluar rumah, sebisa mungkin menghindari menggunakan angkutan umum. Gunakan angkutan umum di saat jam-jam tidak sibuk (bukan jam masuk dan jam pulang karyawan bekerja). Bila memungkinkan, bekerja dari rumah.

3. Hindari kumpul-kumpul pertemuan besar yang melibatkan banyak orang. Hindari juga , pertemuan di ruang publik yang lebih kecil seperti pub, bioskop, restoran, teater, bar, atau klub.

4. Tak perlu hangout, berkumpul-kumpul bersama dengan teman dan keluarga. Tetap berkomunikasi menggunakan teknologi jarak jauh seperti telepon, internet, dan media sosial. Manfaatkan teknologi digital yang sekarang sudah sangat canggih.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini