Hanya Semprotan Disinfektan Tak Efektif Cegah Virus Corona

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 19 481 2185846 hanya-semprotan-disinfektan-tak-efektif-cegah-virus-corona-gd8vs8eurY.jpg Ilustrasi. (NBCNews)

Sebagai langkah preventif, banyak tempat disemprot disinfektan untuk menghindari penularan virus corona. Bahkan, tak sedikit ibu-ibu kini mencari disinfektan, untuk menjaga kebersihan rumah dari virus corona (COVID-19).

Disinfektan biasa disemprotkan pada benda-benda yang berpotensi menjadi media penularan penyakit, termasuk virus corona. Bahkan dalam beberapa kasus, disinfektan disemprotkan ke bagian tubuh manusia.

Namun, sebenarnya seberapa efektif sih penggunaan disinfektan tersebut untuk menghindari penularan virus corona? Dokter Spesialis Emergensi AGD Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr Handrian Purawijaya, SpEm memberikan tanggapannya.

disinfektan

Menyemprotkan disinfektan, menurut Dokter Handrian, sama sekali tidak efektif. Malahan bisa menyebabkan masalah baru bagi seseorang.

“Virus corona kan menyebar melalui droplet, droplet kan cairan. Kalau menurut World Helath Organization (WHO) sih tidak boleh disemprotkan ke badan karena bisa menimbulkan iritasi dan berbahaya pada penggunaannya,” ucap Dokter Handrian, dalam Workshop Virtual Kesiapan Nakes dan Faskes serta Dukungan Psikososial Dalam Penanggulangan COVID-19, Kamis (19/3/2020).

Dokter Handrian menegaskan, seseorang tidak perlu takut secara berlebihan. Apalagi sampai harus menyemprotkan disinfektan ke tubuh manusia.

Sementara itu, tindakan pencegahan bisa dilakukan secara efektif, hanya dengan menjaga kebersihan. Salah satunya adalah menjaga kebersihan tangan, terlebih setelah memegang benda-benda yang berpotensi terpapar virus corona atau COVID-19.

“Hand hygiene sudah cukup aman, asalkan tekniknya dilakukan dengan benar sesuai dengan ajaran yang telah diberikan WHO. Jadi saat ini WHO tidak mengijinkan untuk menggunakan disinfektan pada tubuh manusia,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini