Cara Tenangkan Diri dan Tak Panik Hadapi Virus Corona

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 19 481 2185850 cara-tenangkan-diri-dan-tak-panik-hadapi-virus-corona-xSMkM4e0Vd.jpg Ilustrasi (Foto : Vaunte)

Kasus virus corona di Indonesia update terakhir menunjukkan, 227 orang terjangkit, 19 orang meninggal, dan 11 orang berhasil sembuh. Kondisi tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat Indonesia, meski pemerintah berulang kali mengingatkan untuk tidak panik.

Bagaimana cara agar kita bisa tenang dan tak panik menghadapi isu virus corona?

Psikolog Keluarga dan Anak, Sani Budiantini Hermawan menyarankan, lebih baik fokus kepada diri sendiri. Hal ini karena kita tidak tahu diri sendiri sudah terkena atau tidak.

"Karena kan 14 hari baru ketahuan. Anggaplah kita kena, maka harus mulai membatasi diri dengan sentuhan, pertemuan dengan orang lain dan menjaga makan serta stamina," ujarnya kepada Okezone melalui sambungan telfon, Kamis (19/3/2020).

Rileks di Kantor

Menurutnya, hal yang paling penting adalah kita harus memiliki mental orang yang terjangkit jangan sampai menularkan kepada orang lain. Persepsi seperti itu menurutnya bisa cukup menekan penyebaran virus corona.

"Dengan persepsi seperti itu InsyaAllah kita bisa menekan penyebaran virus corona," imbuhnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini