nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Sehat untuk Orang yang Memasuki Usia 50 Tahun

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 11:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 20 298 2186263 5-makanan-sehat-untuk-orang-yang-memasuki-usia-50-tahun-HC82Enj5Fs.jpg Ilustrasi (Foto : Medicalnewstoday)

Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia akan mulai mengalami kerusakan secara perlahan. Beberapa makanan favorit juga perlahan-lahan harus dikurangi, demi alasan kesehatan. Seperti diketahui, mengonsumsi makanan seimbang adalah salah satu cara terbaik untuk memperpanjang kesehatan dan kehidupan seseorang.

Saat ini terdapat jenis makanan super yang bisa dikonsumsi di segala usia. Bahkan makanan ini memiliki manfaat khusus bagi seseorang yang berusia di atas 50 tahun. Merangkum dari HHD Research, Jumat (20/3/2020), berikut daftar makanan super yang memiliki manfaat bagi seseorang di usia 50 tahun.

1. Kacang hijau

Kacang Hijau

Pada usia 50 tahun risiko terkena diabetes tipe 2 dan kolesterol tinggi meningkat. Mengonsumsi kacang hijau ke dalam menu makanan harian cara yang efektif untuk mengurangi risiko tersebut. Hanya mengonsumsi ¾ cangkir kacang hijau atau lentil setiap hari mengurangi kolesterol jahat (LDL) Anda hingga 5%. Kacang juga dapat meningkatkan kadar gula darah pada orang yang sudah menderita diabetes.

2. Oat

Oat

Oat sangat bagus untuk kesehatan orang tua karena jenis serat larut yang disebut beta glukan. Serat larut mengikat dengan kolesterol selama pencernaan dan memungkinkannya untuk keluar dari tubuh seseorang. Mengonsumsi setidaknya tiga gram beta glukan setiap hari untuk mengurangi kadar kolesterol total dan LDL 5-10%.

3. Apel

Apel

Apel dapat menurunkan risiko diabetes dengan membantu mengatur kadar gula darah. Apel mengandung rata-rata lima gram serat, yang dapat menurunkan kolesterol. Apel juga mengandung zat yang disebut quercetin yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah serta menjadi sumber vitamin C, potasium, dan antioksidan yang andal.

4. Kacang

Kacang

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi satu ons kacang kacangan setiap hari mengurangi risiko serangan jantung dan stroke sebesar 28%. Tidak harus kacang yang mahal, varietas apa pun yang Anda suka bisa dikonsumsi, termasuk kacang yang harganya jauh lebih terjangkau.

5. Sayuran hijau

Sayuran

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa orang yang makan banyak sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, atau collard memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan orang yang berusia 11 tahun lebih muda yang jarang mengonsumsi makanan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini