Selain Diabetes, Ini 3 Penyebab Tubuh Keluarkan Bau Tak Sedap

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 22:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 20 481 2186707 selain-diabetes-ini-3-penyebab-tubuh-keluarkan-bau-tak-sedap-eCl5b64Tct.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu ciri-ciri dari orang yang memiliki diabetes adalah memiliki bau tidak badan. Meskipun tidak semua orang sadar mereka memiliki bau.

Melansir dari Mens Health, penyebab bau baik badan maupun mulut bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu. Apa saja itu? Yuk disimak.

Bau napas orang diabetes

Diabetes terjadi ketika kadar insulin bekerja tidak normal dalam tubuh Anda. Tubuh pun jadi tidak bisa menghasilkan energi untuk beraktivitas sehari-hari.

Maka, tubuh akan mulai memecah asam lemak untuk bahan bakar. Sehingga tubuh akan menciptakan pembentukan zat kimia yang disebut keton dalam darah Anda.

 Sehingga tubuh akan menciptakan pembentukan zat kimia yang disebut keton dalam darah Anda.

Urine yang berbau menyengat

Bau khas pada urine yang sehat dan normal biasanya tidak menyengat. Namun, jika Anda mengalami infeksi saluran kencing (ISK), Anda bisa menghasilkan urine yang berbau tajam menyengat hampir berbau kimiawi, menurut Jamin Brahmbhatt, M.D., seorang ahli urologi di Orlando Health.

Biasanya hal ini terjadi setelah bakteri E. coli menyerang saluran kemih dan uretra Anda. Bakteri ini berkembang biak di kandung kemih Anda dan menyebabkan infeksi. ISK lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Ini karena saluran yang mengalirkan kandung kemih lebih pendek pada wanita.

Salah satu asam yang keluar ini bisa menjadi salah satu penyebab bau pada napas Anda, lho. Selain itu, keluarnya keton dalam tubuh Anda dapat membuat Anda muntah dan sering buang air kecil, bahkan menyebabkan tubuh Anda kehilangan cairan berlebih.

Sleep apnea

Penyebab bau badan yang bisa dideteksi lewat napas, bisa menandakan sleep apnea. Sleep apnea juga bisa membuat Anda mendengkur berlebihan dan jadi membuat Anda bernapas melewati mulut, demikian menurut Raj Dasgupta, M.D., asisten profesor kedokteran klinis di University of Southern California.

Kondisi bernapas lewat mulut akan membuat mulut jadi kering. Maka, bakteri pun berkembang biak dengan lebih mudah di dalamnya. Tak jarang, napas pun jadi bau saat Anda bangun tidur. Gangguan tidur ini biasanya berhubungan dengan diabetes, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung.

Ada baiknya segera konsultasikan ke dokter. Jika demikian benar adanya, dokter bisa merekomendasikan alat bantu napas CPAP untuk menjaga agar saluran udara tetap terbuka saat Anda tidur.

Bau feses busuk

Tidak dipungkiri kalau semua feses mengeluarkan bau yang tidak sedap. Namun, jika bau yang keluar sudah terlalu busuk dan menyengat, berarti ada yang salah dari usus Anda.

Menurut dr. Ryan Ungaro, asisten profesor gastroenterologi di Mount Sinai Hospital di New York, penyebab bau dari feses ini terjadi ketika usus kecil Anda tidak menghasilkan cukup enzim yang disebut laktase. Usus jadi tidak dapat mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam produk susu.

Jadi ketika usus kecil Anda mencerna laktosa langsung ke usus besar Anda, tapi tidak cukup bisa mencernanya, hal ini dapat menyebabkan perut jadi kembung dan feses yang keluar berbau busuk. Hal ini juga biasa dikenal dengan intoleransi laktosa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini