nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WFH, Yuk Isi Waktu Luang dengan Memasak Makanan Bernutrisi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 15:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 23 298 2187728 wfh-yuk-isi-waktu-luang-dengan-memasak-makanan-bernutrisi-tLqWtFDGKx.jpg Memasak makanan bernutrisi (Foto: Okezone/Wilda Fajriah)

PANDEMI Corona atau COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah mengimbau masyarakat untuk menerapkan social distancing. Salah satu contoh penerapan social distancing adalah memberlakukan kegiatan belajar atau bekerja dari rumah yang dikenal dengan istilah Work from Home (WFH).

Selain mengimbau agar para pemilik perusahaan menerapkan WFH kepada karyawannya, pemerintah juga mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga kesehatan. Seperti rajin mencuci tangan dan juga menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta menjamin keamanan (food safety) dari makanan tersebut.

Makanan bergizi seimbang bisa Anda dapatkan dari daging sapi Australia. Karena setiap 100 gram daging merah terdapat kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam atau ikan. Dilansir dari laman True Aussie Beef pada Senin (23/3/2020), zat besi penting dibutuhkan untuk pertumbuhan otak, fisik, serta imunitas tubuh untuk melawan infeksi.

Daging sapi Australia yang terkenal empuk dan enak ini juga bisa dijadikan sebagai lauk pauk yang dimakan bersama nasi, seperti contohnya beef bowl. Selain itu, daging sapi Australia cocok untuk dijadikan snack, seperti sandwhich, yang tentunya disukai anak-anak.

Setelah memilih daging sapi Australia sebagai konsumsi di sela-sela penerapan WFH ini, selanjutnya Anda bisa mengolah daging tersebut di rumah. Karena, dengan memasak daging sapi Australia sendiri di rumah, maka kebersihan makanan tersebut pun lebih terjaga. Pastikan juga alat masak yang biasa Anda gunakan terjaga kebersihannya ya!

Nah, di sela-sela penerapan WFH ini, Okezone akan memberikan rekomendasi menu olahan daging sapi Australia yang mudah dibuat dan tentunya lezat. Seperti Mushroom Aussie Beef Stir Fry, karena menu ini cocok untuk dijadikan beef bowl (dimakan dengan nasi) ataupun dijadikan snack (dimakan tanpa nasi). Pilihan menu ini diambil dari buku Good Beef, Good Cook, Good Meal karya True Aussie Beef pada Senin (23/3/2020).

Mushroom Aussie Beef Stir Fry

Bahan-bahan:

500gram daging sapi rump

300gram jamur kancing yang sudah diiris

2 siung bawang putih yang sudah dicincang halus

½ buah bawang bombay yang sudah diiris

2 sdm brown sugar

2 sdm soy sauce

1 sdm fish sauce

1 sdm saus sambal

2 sdm minyak wijen

1 sdm air jeruk lemon

1 sdt air larutan maizena

1 batang daun bawang yang sudah dipotong-potong

garam dan lada secukupnya

Cara Membuat:

Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, tambahkan brown sugar, soy sauce, fish sauce, saus sambal, minyak wijen, air jeruk lemon dan maizena. Aduk rata campuran bahan tersebut dan masak hingga mengental.

Setelah itu, masukkan daging, garam dan lada bubuk, kemudian masak hingga daging berubah warna dan matang. Selanjutnya, masukkan jamur dan daun bawang, kemudian aduk rata. Angkat dan sajikan.

Sekedar informasi, Mushroom Aussie Beef Stir Fry dengan ukuran bahan-bahan diatas akan menghasilkan 4 porsi masakan. (cm)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini